oleh

10 Jajanan Khas Bandung Paling Populer

Trending News

10 Jajanan Khas Bandung Paling Populer |  Tidak seperti banyak kota lain di Indonesia, Bandung tidak memiliki rangkaian makanan yang begitu beragam, dan akan sulit untuk menemukan makanan ‘tradisional’ yang unik di kota ini. Sebaliknya, Bandung paling terkenal karena hidangannya yang berasal dari daerah lain di Indonesia tetapi yang telah diberikan ‘‘Bandung twist’ mereka sendiri. Sebagian besar makanan yang ditemukan di Bandung berasal dari Sunda dan meskipun anda mungkin menemukan hidangan serupa di seluruh Indonesia, varietas Bandung biasanya unik, meskipun mereka tidak dapat mengklaim sebagai versi hidangan asli.

Terlepas dari kurangnya identitas kuliner definitif dibandingkan dengan kota-kota lain seperti Medan di Sumatera, Anda pasti tidak akan kelaparan di sini, dan perjalanan ke bagian Jawa ini adalah kesempatan sempurna untuk makan di sekitar kota.Berikut adalah 10 jajanan terbaik yang direkomendasikan untuk dicoba di Bandung.

10 Jajanan Khas Bandung Paling Populer

Serabi

Image result for serabi

Serabi, juga dikenal sebagai Surabi, adalah istilah di Indonesia untuk pancake yang dibuat dengan tepung dan kemudian dimasak dalam cetakan tanah liat khusus di atas arang untuk membantu mereka mempertahankan bentuknya. Terkadang pancake bisa dibumbui dengan pandan yang menghasilkan serabi versi hijau pastel yang cantik. Pancake biasanya tebal dan lebih seperti campuran antara kue dan panekuk dan disajikan dengan saus gula aren dan santan yang ditaburkan di atasnya untuk memberi mereka rasa yang manis.

Saat ini beberapa serabi dapat disajikan dengan topping yang berbeda seperti serutan keju, taburan cokelat, atau pisang irisan. Ini biasanya makanan jalanan dan dapat ditemukan pada waktu sarapan meskipun Anda juga dapat memakannya sebagai makanan ringan setiap saat sepanjang hari. Di daerah lain di Indonesia, serabi bisa juga datang dengan rasa gurih.

Batagor

Image result for batagor

Batagor dimakan di seluruh Indonesia meskipun konon berasal dari Jawa Barat dan merupakan salah satu makanan khas Bandung. Namanya berasal dari singkatan dari bahan-bahan yang digunakan dalam hidangan, bakso tahu goreng, atau bakso goreng dan tahu. Piring biasanya dimakan sebagai camilan daripada makanan lengkap dan disajikan dengan bola ikan goreng yang biasanya terbungkus adonan renyah atau diisi di dalam potongan tahu yang hidangan ini terkenal. Bola-bola ikan dan duduk bersama dengan parutan kubis dan disiram dengan saus kacang yang lezat.

Lotek

Image result for Lotek

Lotek adalah hidangan Sunda yang pada dasarnya adalah versi lain dari salad paling terkenal di Indonesia, gado-gado. Lotek terbuat dari sayuran seperti taoge dan kangkung, dan juga termasuk potongan tahu yang terbuat dari bedengan. Bahan salad tercakup dalam saus kacang pedas yang mengingatkan pada gado-gado meskipun dua hidangan menggunakan bumbu yang sedikit berbeda dalam saus. Lotek juga dilengkapi dengan kerupuk udang yang disebut krupuk dan disajikan dengan kue beras terkompresi bernama lontong.

Pisang Molen

Image result for Pisang Molen

Pisang molen adalah makanan ringan klasik yang ditemukan di seluruh Bandung dan terdiri dari pisang yang terbungkus dalam kue. Pisang tersebut kemudian digoreng sehingga pastry menggelembung untuk menyediakan semacam cangkang yang renyah di sekitar interior yang lembut. Makanan ringan ini sangat populer sehingga banyak orang membeli pisang molen sebagai hadiah untuk dibawa pulang di akhir perjalanan ke Bandung meskipun mereka paling menikmati perpipaan panas dari stand pinggir jalan.

Soto Bandung

Image result for soto bandung

Soto adalah sejenis sup yang terkenal di seluruh Indonesia dan bervariasi menurut masing-masing daerah, dan Soto Bandung tidak berbeda. Banyak resep soto memanggil ayam untuk digunakan sebagai protein utama, meskipun Soto Bandung secara tradisional dibuat menggunakan daging sapi. Tidak seperti beberapa hidangan soto seperti Soto Medan yang menggunakan santan untuk mengentalkan kaldu, Soto Bandung jelas dan penuh dengan penambahan irisan lobak yang tidak biasa, yang memberikannya tendangan pedas yang bercampur dengan kaldu sapi yang lezat.

Cilok Bandung

Image result for cilok bandung

Cilok mendapatkan namanya dari aci yang merupakan kata bahasa Indonesia untuk pati. Camilan makanan jalanan yang lezat ini terbuat dari tapioka yang digulung menjadi bentuk bola dan kemudian direbus. Ini mungkin tidak terdengar menarik tetapi bola-bola itu kemudian dimasukkan ke tusuk sate dan disajikan dengan saus pedas yang membuat ini menjadi camilan lezat untuk dimakan saat bepergian.

Mie Kocok

Image result for mie kocok bandung

Mie Kocok sangat berbeda dari banyak masakan mie Indonesia dan terbuat dari mie datar yang berenang di kaldu sapi yang lezat. Tergantung bagaimana membuatnya dapat disajikan dengan kikil atau urat sapi dan babat. Kaldu kemudian dibubuhi daun seledri dan diberi bawang goreng. Kadang-kadang juga bisa dibuat dengan ayam dan mungkin termasuk kaki ayam atau variasi lainnya menggunakan bakso sapi.

Karedok

Image result for Karedok bandung

Karedok mirip dalam banyak cara untuk gado-gado dan lotek. Pada dasarnya ini adalah salad yang terbuat dari sayuran renyah seperti kacang, taoge, kubis, dan mentimun, meskipun kentangnya dikupas yang sering ditemukan di gado-gado dan lotek. Salad dilemparkan dengan saus kacang tebal dicampur dengan cabe dan perbedaan tanda tangan ketika datang ke keradok adalah penggunaan daun kemangi yang menambahkan hit herbal aromatik ke piring.

Gepuk

Image result for gepuk bandung

Favorit Sunda lainnya di Bandung adalah gepuk yang merupakan hidangan daging sapi goreng pedas yang kadang-kadang disamakan dengan kari rendang daging sapi yang terkenal di Indonesia. Piring ini biasanya dibuat dengan menggunakan daging sapi yang ditumbuk untuk melunakkan daging dan kemudian dicampur dengan rempah-rempah aromatik seperti ketumbar, serai, lengkuas dan daun salam Indonesia. Daging tersebut kemudian dimasak dengan santan dan sedikit manis berkat penambahan gula aren. Gepuk biasanya disajikan dengan nasi dan diberi bawang goreng.

Amanda Brownies

Image result for amanda brownies bandung

Brownies mungkin tidak langsung terdengar seperti hidangan Indonesia klasik tetapi jika anda mencari makanan penutup di Bandung maka ini tidak boleh dilewatkan. Brownies di sini dikukus bukan dipanggang yang berarti mereka sangat lembut dan lembut dengan cokelat yang membuat mereka kaya dan sangat lebih kaya. Tempat paling terkenal untuk membeli brownies di kota adalah Amanda Brownies jadi pastikan untuk datang dan mengambil sebuah kotak sebelum anda pergi.

Baca juga : 5 Restaurant dan Cafe Unik di Bogor, Wajib Kamu Kunjungi !

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed