oleh

17 Makanan Tradisional Lezat di Sumatra Utara

Trending News

17 Makanan Tradisional Lezat di Sumatra Utara |Ada begitu banyak tempat di Indonesia yang akan melayani kita dengan ribuan kekayaan dalam cara budaya dan sumber daya alam. Apa yang begitu melegakan adalah fakta bahwa mereka dapat menggunakan sumber daya alam dengan begitu banyak cara untuk membuat hidangan paling lezat yang pernah ada. Seperti di daerah ini misalnya, Sumatera Utara. Selain memiliki begitu banyak objek wisata alam yang indah, Sumatera Utara juga memiliki begitu banyak variasi makanan..

Anda dapat mencoba makanan manis, makanan yang sangat cocok untuk anak-anak, atau mungkin anda dapat mencoba sedikit tantangan untuk makanan pedas.Jangan khawatir, makanan pedas di Sumatera Utara juga sangat kuat. Tetapi apakah itu makanan manis atau pedas, makanan tradisional Sumatera Utara akan dengan senang hati melayani anda dengan potensi tertinggi mereka. Mari langsung ke daftar 17 makanan tradisional di Sumatera Utara:

17 Makanan Tradisional Lezat di Sumatra Utara

1. Anyang Pakis

Image result for Anyang pakis hd

Yang pertama kita dapatkan di daftar makanan tradisional kita di Sumatera Utara adalah Anyang Pakis. Beberapa dari anda mungkin belum tahu tentang makanan ini, berikut beberapa informasi untuk anda. Pakis Anyang ini terlihat seperti Urap di Jawa Timur, baik dengan taburan atau sayuran. Biasanya di bulan Ramadhan, banyak orang menjual Anyang Pakis ini sebagai menu untuk sarapan pagi. Sayuran segar yang dikombinasikan dengan taburan kelapa yang lezat membuat makanan ini sangat cocok selama Ramadhan.

2. Lemang

Image result for lemang hd

Yang berikutnya adalah Lemang atau Anda bisa menyebutnya sebagai Nasi Lemang. Beras Lemang sebenarnya adalah makanan yang sangat terkenal di Indonesia dan Malaysia, terutama di perbatasan di antaranya, seperti Sumatera Utara misalnya. Anda dapat melihat sesi memasaknya oleh restoran-restoran di Sumatera Utara, dan juga tempat-tempat lain di sekitar pulau Sumatra. Biasanya mereka menggunakan bambu untuk memasaknya, yang merupakan hal paling penting.

3. Bihun Bebek (Duck)

Image result for ak bihun

Di tempat ketiga ada Bihun Bebek. Dalam versi bahasa Inggris, namanya berubah menjadi Bebek Vermicelli. Bihun ini cukup mahal, ini sebenarnya adalah makanan paling mahal yang menggunakan bebek sebagai bahan dasar. Tapi, harga mahal datang dengan kualitas tinggi. Dalam satu mangkuk Bihun Bebek, Anda dapat menemukan begitu banyak daging bebek, lalu bihun itu sendiri dan juga saus tambahan. Kombinasi ini sangat bagus untuk jujur.

4. Soto Udang (Shrimp)

Image result for soto udang medan

Selanjutnya, ada Soto Udang. Soto Udang atau Udang Soto, adalah jenis soto lain yang berasal dari Sumatera Utara. Tidak seperti soto lain di Indonesia yang menggunakan daging ayam, di Soto Shrimp ini, mereka terutama menggunakan daging udang. Rasanya sangat enak, terutama ketika soto yang menyegarkan dikombinasikan dengan udang segar yang dimasak, menciptakan kombinasi yang indah di antaranya.

5. Sayur Tauco

Related image

Makanan tradisional berikutnya di Sumatera Utara adalah Sayur Tauco. Sayur adalah bahasa Indonesia untuk sayuran. Jadi seperti yang Anda lihat, ada banyak sayuran di Sayur Tauco. Sayuran itu ditambahkan dengan saus gurih ini, membuatnya lebih enak. Ini sempurna untuk makan siang dan makan malam. Lebih baik makan dengan nasi, dan kerupuk (snack). Anda tidak perlu lauk tambahan untuk memakannya, karena di dalam Sayur tauce sudah ada banyak barang yang dimasukkan, seperti udang dan tahu.

6. Kari

Related image

Setelah Tauco, di tempat keenam ini ada Kari. Tidak seperti Kari Indonesia biasa yang memiliki warna putih dan kekuningan, saus di Kari ini memiliki warna kuning yang tebal, hampir oranye-ish. Itu adalah spesialisasi, saus yang mengandung begitu banyak jenis rempah-rempah. Anda bisa memakannya dengan beberapa mie, atau mungkin dengan nasi. Tetapi biasanya mereka melayani Kari dengan bihun karena itu jauh lebih baik daripada keduanya. Tetapi Anda dapat memilih apa pun yang Anda suka untuk menemani Anda makan Kari ini.

7. Bubur Pedas (Spicy Porridge)

Related image

Tidak seperti bubur biasa di Indonesia yang memiliki rasa gurih dan asin, bubur pedas ini akan membawa Anda beberapa tantangan. Rasanya sangat pedas sehingga Anda akan membutuhkan air setelahnya. Mereka memasukkan banyak bumbu, terutama cabai ke dalam bubur ini. Bubur Pedas biasanya disajikan selama Bulan Ramadhan di kota-kota sekitar Sumatera Utara. Rasa pedas benar-benar membuka mata setelah berpuasa seharian.

8. Arsik

Related image

Berikutnya adalah Arsik, yang sangat terkenal di daerah Tapanuli, Sumatra Utara. Pada dasarnya ini hanya sekelompok sayuran, beberapa ikan, dan jangan lupa sup bumbu kuning. Gabungkan mereka semua menjadi satu lezat Arsik yang memiliki rasa Indonesia yang lezat. Namun setelah itu, biasanya mereka menambahkan beberapa cabai di atasnya sebagai topping. Cabai juga berguna untuk mempertahankan rasa pedas sup. Sangat baik untuk makan siang dan makan di malam hari. Jangan makan makanan pedas ini saat sarapan, itu tidak akan berhasil.

9. Naniura

Image result for naniura khas batak

Seperti versi Jepang sashimi atau sushi, ada juga beberapa barang mentah di daerah Sumatera Utara. Namanya Naniura, lauk indah Tapanuli. Makanan ini sebenarnya adalah salah satu hidangan Raja di masa lalu. Tetapi karena waktu bergulir yang terus berlangsung, orang biasa dapat memakannya juga sampai hari ini. Naniura adalah ikan yang dikombinasikan dengan saus asam. Ingat, ikan yang digunakan dalam hidangan ini adalah ikan mas mentah yang dipotong setengah, dan kemudian ditambahkan dengan saus asam. Ikan akan dimasak “secara

10. Natinombur

Image result for natinombur

Makanan berikutnya dari Sumatera Utara adalah Natinombur. Tidak seperti makanan di atas yang akan menggunakan beberapa saus asam sebagai bahan tambahan, di Natinombur ini, orang biasanya menggunakan saus yang berasal dari kombinasi banyak bumbu, termasuk kacang. Jadi, Natinombur ini kaya rasa, rasanya manis dan juga pedas yang berasal dari cabe. Sangat bagus hingga sekarang, banyak orang masih menyukainya meskipun sudah sejak lama. Anda harus mencoba ini juga!

11. Manuk Napinadar

Image result for manuk napinadar

Makanan tradisional berikutnya di Sumatera Utara adalah Manuk Napinadar. Mungkin anda bisa melihatnya di upacara-upacara di Indonesia seperti pernikahan atau hal-hal lain. Tetapi jika Anda ingin mencobanya sendiri, Anda bisa datang ke restoran batak di tempat Anda. Manuk Napinadar ini menggunakan daging ayam. Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa Manuk Napinadar ini tidak lain adalah hidangan ayam biasa di luar sana. Namun perhatikan, ada sesuatu di dalam saus yang membuat Manuk Napinadar ini. Ini adalah Andaliman, rempah-rempah akhir Sumatera Utara yang hanya ada di daerah Sumatera.

12. Saksang

Related image

Makanan ini juga memiliki hal yang sama seperti makanan di atas, penggunaan darah dalam saus. Ya, kedua makanan ini terkadang menggunakan darah di dalam saus mereka. Tapi begitulah, Saksang ini hanya menggunakan daging babi, bukan daging ayam. Namun saat ini, penggunaan darah masih menjadi kontroversi, sehingga mereka hanya menambahkan saus asli dengan rempah-rempah, tetapi tanpa darah. Selain daging babi, mereka biasanya melakukan varian lain dengan menggunakan daging anjing dan kerbau.

13. Silalat

Image result for silalat

Ini sebenarnya bukan hidangan utama, tapi ini sebenarnya sedikit lebih baik untuk dimasukkan sebagai lauk untuk makan bersama dengan nasi dan beberapa makanan. Silalat menggunakan bahan dasar, daun singkong. Meskipun sangat pahit, mereka biasanya membuat daun kurang asam sebelum mengkombinasikannya dengan barang-barang lainnya. Nama lauk ini bukan hanya Silalat. Anda dapat menemukan begitu banyak nama, seperti Gule Bulung Badung dan Parcak, berdasarkan di mana itu dibuat. Tetapi meskipun itu hanya lauk, rasanya sangat enak.

14. Sate Kerang

Related image

Jika Anda hanya mengkonsumsi sate ayam atau kambing Indonesia, maka perjalanan sate Anda tidak lengkap tanpa mencoba sate kerang yang terkenal dan lezat. Tidak, Anda tidak memakan cangkang secara keseluruhan, Anda hanya memakan dagingnya. Daging kerang tersebut ditusukkan ke dalam tongkat kayu untuk menjadi sate. Anda biasanya dapat melihat mereka di daerah terdekat Anda, penjual biasanya menyebut diri mereka sebagai Penjual Sate 02. Juga, varian sate tempurung ini juga sangat banyak. Dalam satu waktu Anda bisa melihatnya disajikan tanpa saus, hanya daging cangkang biasa. Kemudian di lain waktu Anda bisa melihatnya dipadukan dengan saus tambahan. Pilih apa yang Anda sukai

15. Tuktuk Sauce

Related image

Sekali lagi, ini bukan lauk, tapi sambal atau saus ini sangat ikonik. Anda dapat mengatakan bahwa ini adalah salah satu dari sekian banyak ikon yang menyerupai nama Sumatera Utara. Saus ini berasal dari pantai laut Tapanuli, di mana Anda dapat menemukan begitu banyak ikan di sana. Mereka benar-benar hebat dalam menggabungkan bumbu dengan ikan. Airnya sangat kaya, dan saus ini sangat cocok untuk hidangan utama anda. Itu luar biasa!

16. Dali Ni Horbo

Image result for dali ni horbo

Yang berikutnya benar-benar menarik, makanan seperti keju alami dari Sumatera Utara, Dali Ni Horbo. Jika biasanya keju berasal dari sapi, Dali Ni Horbo ini berasal dari kerbau. Bukan hanya kerbau biasa, tetapi juga kerbau yang selesai melahirkan anak-anaknya. Nah, jika keju itu dibuat dengan tambahan bahan kimia, Dali Ni Horbo ini dibuat 100% secara alami. Masyarakat Sumatera Utara biasanya menggunakan air nanas untuk menjaga kondisi susu.

17. Mie Gomak

Image result for mie gomak medan

Dan kemudian di tempat terakhir, kami memiliki Mie Gomak bersama kami. Ya, itu terlihat hampir seperti spageti dari Italia. Cara itu bernama Gomak sebenarnya berasal dari cara membuatnya, dengan melakukan Gomak (meremas) di masa lalu. Harganya benar-benar murah untuk mie Sumatera yang luar biasa ini. Anda juga dapat memilih versi basah atau kering dari mie Gomak. Keduanya benar-benar enak dimakan, sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin berwisata di sini, Sumatera Utara. Anda harus membawa beberapa untuk orang-orang di rumah Anda, atau mungkin teman-teman anda. Waktu hangout akan jauh lebih baik.

Baca juga : Wajib Coba, 7 Makanan Jogja Beserta Tempatnya ! 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed