oleh

5 Makanan Terbaik Saat Sakit

Trending News

5 Makanan Terbaik Saat SakitHippocrates terkenal berkata, “Biarkan makanan menjadi obatmu, dan obat-obatan menjadi makananmu.” Memang benar bahwa makanan dapat melakukan lebih dari sekadar menyediakan energi dan ketika anda sakit, makan makanan yang tepat lebih penting dari sebelumnya. Makanan tertentu memiliki sifat kuat yang dapat mendukung tubuh anda saat melawan penyakit. Mereka dapat meredakan gejala-gejala tertentu dan bahkan membantu anda sembuh lebih cepat. Ini adalah 5 makanan terbaik untuk dimakan ketika sakit.

5 Makanan Terbaik Saat Sakit

1. Sup Ayam

Related image

Sup ayam telah direkomendasikan sebagai obat untuk pilek umum selama ratusan tahun – dan untuk alasan yang baik.  Ini adalah sumber vitamin, mineral, kalori dan protein yang mudah dimakan, yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda dalam jumlah yang lebih besar saat Anda sedang sakit. Sup ayam juga merupakan sumber cairan dan elektrolit yang sangat baik, yang keduanya penting untuk hidrasi jika anda sering bepergian ke kamar mandi. Tubuh anda juga akan membutuhkan lebih banyak cairan jika anda mengalami demam.

Terlebih lagi, satu studi menemukan sup ayam lebih efektif untuk membersihkan lendir hidung daripada cairan lain yang dipelajari. Ini berarti ini adalah dekongestan alami, mungkin sebagian karena mengeluarkan uap panas. Alasan lain untuk efek ini adalah ayam mengandung asam amino sistein. N-acetyl-cysteine, suatu bentuk sistein, memecah lendir dan memiliki anti-virus, anti-inflamasi dan efek antioksidan. Sup ayam juga menghambat aksi neutrofil, yaitu sel darah putih yang dapat menyebabkan gejala seperti batuk dan hidung tersumbat. Kemampuan sup ayam untuk menghambat sel-sel ini dapat menjelaskan mengapa hal ini sangat efektif terhadap beberapa gejala pilek dan flu.

2. Kaldu

Image result for kaldu

Mirip dengan sup ayam, kaldu adalah sumber hidrasi yang sangat baik saat anda sedang sakit. Mereka penuh rasa dan dapat mengandung kalori, vitamin dan mineral seperti magnesium, kalsium, folat dan fosfor. Jika anda meminumnya selagi panas, kaldu juga memiliki manfaat luar biasa untuk bertindak sebagai dekongestan alami karena uap panas. Meminum kaldu adalah cara yang baik untuk tetap terhidrasi, dan rasa yang kaya dapat membantu Anda merasa puas.

Ini sangat membantu jika perut anda tidak tenang dan Anda tidak dapat menahan makanan padat. Jika anda sensitif terhadap garam dan membeli kaldu dari toko, pastikan untuk membeli berbagai natrium rendah karena kebanyakan kaldu sangat tinggi garam. Jika anda membuat kaldu dari awal, itu mungkin memiliki lebih banyak manfaat – termasuk kalori, protein, dan kandungan gizi yang lebih tinggi. Banyak orang mengoceh tentang manfaat kaldu tulang dan mengklaim itu memiliki banyak sifat penyembuhan, meskipun saat ini tidak ada studi tentang manfaatnya.

3. Bawang

Image result for bawang

Bawang putih dapat memberikan segala macam manfaat kesehatan. Ini telah digunakan sebagai ramuan obat selama berabad-abad dan telah menunjukkan efek antibakteri, antiviral dan anti-jamur. Ini juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Beberapa studi manusia berkualitas tinggi telah mengeksplorasi efek bawang putih pada flu biasa atau flu, tetapi beberapa telah menemukan hasil yang menjanjikan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi bawang putih jarang sekali sakit. Secara keseluruhan, kelompok bawang putih menghabiskan sekitar 70% lebih sedikit hari sakit daripada kelompok plasebo. Dalam studi lain, orang yang mengonsumsi bawang putih tidak hanya jarang sakit, tetapi mereka menjadi lebih baik 3,5 hari lebih cepat daripada kelompok plasebo, rata-rata. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen ekstrak bawang putih yang berusia lanjut dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan tingkat keparahan pilek dan flu. Menambahkan bawang putih ke sup ayam atau kaldu dapat menambah rasa dan membuatnya lebih efektif dalam melawan gejala pilek atau flu.

4. Air Kelapa

Image result for Coconut Water

Tetap terhidrasi dengan baik adalah salah satu hal terpenting yang dapat anda lakukan ketika sakit. Hidrasi sangat penting ketika anda mengalami demam, keringat banyak atau muntah atau diare, yang dapat menyebabkan anda kehilangan banyak air dan elektrolit. Air kelapa adalah minuman yang sempurna untuk diminum ketika anda sedang sakit. Selain manis dan beraroma, mengandung glukosa dan elektrolit yang diperlukan untuk rehidrasi.

Studi menunjukkan bahwa air kelapa membantu anda melembabkan kembali setelah berolahraga dan kasus ringan diare. Ini juga menyebabkan lebih sedikit ketidaknyamanan perut dibandingkan minuman serupa. Selain itu, beberapa studi pada hewan menemukan bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang dapat melawan kerusakan oksidatif dan juga dapat meningkatkan kontrol gula darah . Namun, satu studi menemukan bahwa itu menyebabkan lebih kembung daripada minuman elektrolit lainnya. Mungkin ide yang baik untuk memulai secara perlahan jika Anda belum pernah mencobanya (22).

5. Teh Panas

Image result for teh panas

Teh adalah obat favorit untuk banyak gejala yang berhubungan dengan pilek dan flu. Sama seperti sup ayam, teh panas bertindak sebagai dekongestan alami, membantu membersihkan sinus lendir. Perhatikan bahwa teh harus panas untuk bertindak sebagai dekongestan, tetapi seharusnya tidak terlalu panas sampai membuat tenggorokan anda terganggu. Anda tidak perlu khawatir tentang teh yang mengalami dehidrasi. Meskipun beberapa teh memang mengandung kafein, jumlahnya terlalu kecil untuk menyebabkan kehilangan air yang meningkat.

Ini berarti bahwa menghirup teh sepanjang hari adalah cara yang bagus untuk membantu anda tetap terhidrasi sekaligus mengurangi kemacetan pada saat yang bersamaan.Teh juga mengandung polifenol, yang merupakan zat alami yang ditemukan pada tanaman yang mungkin memiliki sejumlah besar manfaat kesehatan. Ini berkisar dari aksi antioksidan dan anti-inflamasi hingga efek anti-kanker. Tanin adalah salah satu jenis polifenol yang ditemukan dalam teh. Selain bertindak sebagai antioksidan, tanin juga memiliki sifat antiviral, antibakteri dan anti-jamur.

Satu studi pada tikus menemukan bahwa asam tannic dalam teh hitam dapat menurunkan jumlah jenis bakteri yang umum tumbuh di tenggorokan. Dalam studi lain, teh hibiscus mengurangi pertumbuhan flu burung dalam tabung uji. Teh echinacea juga memperpendek lamanya gejala pilek dan flu. Selain itu, beberapa jenis teh khusus dikembangkan untuk meredakan batuk atau sakit tenggorokan terbukti efektif dalam studi klinis. Semua efek ini menjadikan teh sebagai bagian penting dari diet anda ketika anda sedang sakit.

Baca juga : Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

 

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed