oleh

7 Mahluk Mitologi di Indonesia

Trending News

7 Mahluk Mitologi di IndonesiaIndonesia adalah salah satu negara kaya yang memiliki sisi gelap ketika menyangkut kebudayaannya. Anda dapat menemukan berbagai perbedaan dalam budaya kita, namun juga menemukan bahwa perbedaan itu hanya membuat kita lebih kuat. Ya, ini adalah salah satu aspek yang kami banggakan: kami berbeda, namun tetap sama. Perbedaan budaya yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah makhluk mitologi.

Ya, Indonesia adalah salah satu negara tradisional yang terikat dengan kepercayaannya. Dari Sabang sampai Merauke, anda dapat menemukan bahwa Indonesia memiliki berbagai keyakinan yang berbeda mengenai makhluk mitologinya. Masih banyak makhluk yang kita yakini ada, bahkan sampai sekarang. Apa makhluk-makhluk ini? Mari kita cari tahu bersama. (Baca juga: kelompok etnis terbesar di Indonesia)

7 Mahluk Mitologi di Indonesia

1. Leak

Related image

Makhluk Mistik Indonesia Pertama adalah Leak. Leak adalah makhluk mitologi dari salah satu pulau terkenal di Indonesia, Bali. Bali adalah sebuah pulau dengan sumber daya yang sangat indah, serta budaya yang kaya. Budaya tidak memanifestasikan hanya dalam tarian tradisional, musik, atau ritual. Mereka juga datang dalam berbagai bentuk: cerita. Ya, Bali memiliki banyak cerita tradisional (dan mistik). Leak adalah salah satunya.

Leak adalah manusia yang ingin menjadi kaya dan bekerja sama dengan makhluk ‘buruk’ dari dunia lain. Yang terkenal terdiri dari dua pria dan satu wanita. Mereka adalah manusia biasa di siang hari, dan menjadi bocor setiap malam. Makhluk mistis ini dimanifestasikan melalui kepala manusia tanpa tubuh. Usus manusia menjuntai dari kepala, tanpa tubuh yang menutupinya. Orang-orang Bali percaya bahwa Leak akan datang setiap malam untuk menghisap darah dari anak-anak dan wanita hamil. Mereka membutuhkan darah itu untuk meningkatkan kekayaan mereka.

Ini hampir sama dengan makhluk-makhluk dari Kalimantan yang disebut ‘Kuyang’. Jika kita ingin membunuh Leak, kita harus menusuk kebocoran dari bawah usus dan ini akan memisahkan usus dari kepala. Jika keduanya terpisah, Leak perlahan-lahan akan mati. (Lihat juga: Keyakinan dan Nilai Indonesia)

2. Lembuswana

Related image

Punya belalai tapi bukan gajah, punya sayap tapi bukan burung. Ini adalah salah satu: Lembuswana. Lembuswana adalah salah satu makhluk mitologi dari masa lalu, ketika Indonesia masih menjadi bagian dari kerajaan yang disebut kerajaan Kutai. Ini adalah makhluk yang dibangun di dalam kubah kerajaan karena memiliki beberapa nilai sejarah bagi manusia. Sementara itu, makhluk ini adalah penguasa sungai Mahakam dan orang-orang percaya bahwa raja Kutai Kartanegara, Mulawarman, menggunakan makhluk ini untuk kendaraan spiritualnya. Makhluk ini adalah simbol untuk dominasi dan kedaulatan, karena orang-orang suka menyebutnya.

3. Babi Ngepet

Related image

Babi ngepet adalah mahluk mistik legendaris lainnya yang berasal dari seluruh penjuru negeri ini. Orang-orang percaya bahwa jika anda menemukan makhluk mistis ini di tengah malam, mengendus-endus barang-barang anda dan mengambilnya dari anda tanpa persetujuan anda; makhluk ini bukan babi biasa. Babi ngepet pada mulanya adalah manusia yang memiliki ilmu hitam dan menggunakan ilmu hitam untuk mendapatkan kekuatan mencuri uang atau barang dari orang lain. \
Orang-orang percaya bahwa ketika babi ngepet beroperasi, ada orang lain di sisi lain dari lokasi yang menunggu orang ini untuk beroperasi. Kemudian, orang lain ini membantu orang lain dengan menyimpan lilin ajaib agar lilinnya tidak mati. Ketika lilin mati, babi ngepet datang ke bentuk aslinya; yang manusia. Makhluk mistis yang satu ini sebenarnya cukup terkenal untuk orang-orang di Indonesia. Ada berbagai film dan serial TV yang datang atas namanya.

4. Ahool

Image result for ahool

Makhluk Mistik Indonesia lainnya adalah Ahool. Sama seperti banyak cryptics lainnya, tidak ada bukti fisik bahwa makhluk mistik tertentu ini ada. Namun, jumlah orang yang mengklaim bahwa mereka telah melihat makhluk ini telah tumbuh dan berkembang di seluruh negeri. Anda dapat menemukan bahwa ahool adalah kelelawar besar atau kelelawar raksasa yang memiliki lebar sayap 3 meter. Ini dua kali lebih besar dari kelelawar terbesar yang pernah ditemukan dalam sejarah manusia; flying fox.

Ahool dikatakan tinggal di tengah hutan lebat di pulau Jawa, Indonesia. Betina suka hidup berkelompok, sedangkan yang jantan tinggal sendiri. Mereka memiliki sayap besar, moncong panjang, dan lekukan yang panjang dan tipis dan bisa membuat semua orang takut. Beberapa orang benar-benar percaya bahwa ahool bukan hanya makhluk mistis; itu ada: dalam kenyataannya, itu adalah kelelawar raksasa atau burung hantu.

5. Banaspati

Image result for banaspati

Banaspati adalah legenda urban lain yang berasal dari pulau Jawa. Makhluk khusus ini sebenarnya berbahaya, karena dapat menyakiti orang lain yang datang karenanya. Ini adalah makhluk api yang terbang di tengah malam mencari seseorang yang terluka. Ini memiliki dua bentuk legendaris: hanya api biasa, terbang di sekitar; atau memecat manusia. (Lihat juga: Reog Ponorogo Dance)

Bentuk pertama mungkin tidak terlihat menakutkan. Itu hanya datang seukuran kepalan tangan manusia. Namun, jika saksi tidak memutuskan untuk berlari ketika mereka berhadapan dengan makhluk tertentu ini, ia dapat memberi makan dari energi rasa takut manusia dan membuat api lebih besar dan bahkan megah. Ini tentu saja berbahaya karena dapat membunuh manusia kapan saja. Dikatakan bahwa banaspati sedang menghisap darah korbannya sebagai bentuk sihir hitam. Bentuk lain banaspati adalah manusia api, yang merupakan manifestasi dari manusia sihir hitam lainnya. Mereka dikatakan berjalan dengan tangan di tanah dan kaki di atas.

6. Cindaku

Related image

Cindaku adalah salah satu legenda urban dari kota Kerinci, provinsi Jambi. Terletak di pulau Sumatera, Jambi adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki berbagai cerita menarik; salah satunya adalah cindaku. Cindaku dikatakan sebagai kekuatan supranatural setengah manusia setengah harimau yang membiarkan orang-orang memilikinya untuk dapat berubah menjadi bentuk harimau. Awalnya, orang-orang ini adalah orang-orang yang menjaga hubungan baik antara harimau dan manusia. Dengan demikian, mereka berharap harimau dan manusia dapat hidup harmonis.

Namun, seiring berjalannya hari, ada satu sisi dari dua (baik itu manusia atau harimau) yang memicu kehormatan damai dan ini menghasilkan konflik antara manusia dan harimau. Ada banyak orang yang dimakan oleh harimau karena pelanggaran camilan ini, dan sebaliknya. Memiliki kemampuan supernatural cindaku (bisa berubah menjadi macan) tidak selalu baik. Sebenarnya, ini kontroversi karena ada beberapa agama yang melarang kemampuan ini dan dikatakan bahwa orang-orang yang memiliki kemampuan ini akan mengalami kesulitan ketika mereka mati.

7. Garuda

Related image

Makhluk Mistik Indonesia terakhir adalah burung Garuda. simbol negara kita, burung Garuda sangat terkenal dan dikenal banyak orang Indonesia. Namun, tidak banyak orang yang tahu sejarah burung tertentu ini. Dahulu, ketika pulau Buru masih merupakan negara yang disebut tanah Tifu; hiduplah burung agung yang disebut Garuda. Sementara itu, mereka begitu besar dan memiliki kekuatan ekstra kuat, membuat mereka mampu membunuh apa pun yang merupakan salah satu cara mereka. Mereka makan ikan dan ketika ikan tidak cukup untuk memberi makan mereka, mereka akan memakan manusia.

Mereka memburu manusia yang datang ke tanah Tifu melalui kapal, biasanya sukses karena kekuatan mereka. Manusia di dalam seluruh kapal akan mati di tangan burung. Suatu hari, ada kapal yang dikenal memiliki awak kapal yang sangat berani. Ini adalah kru yang memiliki tombak api sebelum mereka datang ke tanah Tifu. Mereka kemudian menikam burung Garuda tanpa rasa takut dengan tombak api, membuat Garuda akhirnya runtuh dan akhirnya mati. Kisah burung ini begitu terkenal sampai awal pemerintahan Indonesia tertarik untuk mengambil burung khusus ini menjadi simbol negara kita; terutama karena burung ini sangat kuat dan agung. Mudah-mudahan, negara ini akan memiliki karakteristik itu juga.

Baca juga : Sejarah Kelam Danau Toba

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed