oleh

9 Hal yang Harus di Lakukan Saat & Sesudah Gempa

Trending News

9 Hal yang Harus di Lakukan Saat & Sesudah Gempa | Mengingat gempa berkekuatan 7,9 SR di Nepal pada 24 April, yang telah merenggut ribuan nyawa, berguna untuk mengetahui apa yang harus dilakukan jika atau ketika terjadi gempa bumi. Peluang anda untuk selamat dari gempa jauh lebih baik jika anda mempersiapkan terlebih dahulu dan tahu apa yang harus dilakukan ketika gempa bumi menyerang. Gempa terjadi antara ibukota Kathmandu dan kota Pokhara di Nepal, menewaskan lebih dari 2.000 orang, merobohkan rumah, jembatan dan infrastruktur lainnya.

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ gempa di palu

5 Hal yang Harus di Lakukan Saat Gempa

 

Kepala editor konten untuk Hindustan Times mengatakan bahkan dengan peringatan gempa, kota itu tidak pernah siap untuk gempa sebesar ini meskipun fakta bahwa Kathmandu adalah hotspot yang terkenal untuk gempa. “Jelas fasilitasnya tidak siap untuk menangani korban dalam skala seperti ini dan itu akan sulit untuk ditangani bahkan jika gempa menghantam negara kaya karena besarnya gempa.” Saksi Mata Berita telah menyusun daftar apa yang dapat dilakukan seseorang untuk melindungi diri anda selama dan setelah gempa bumi:

1. Berlindung di bawah meja atau barang berat

រូបភាពពាក់ព័ន្ធ

Jika itu gempa ringan, jatuhkan diri ke lantai. Kemungkinan besar bangunan tidak akan runtuh tetapi barang-barang seperti furnitur berat atau kipas langit-langit bisa runtuh. Dalam hal ini, selalu disarankan untuk menjatuhkan diri ke tanah dan mengambil penutup di bawah meja atau perabot berat. Perlindungan pertama!

2. Jangan gunakan lift!

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ don't use elevator

Dengan cara apa pun yang diperlukan! Elevator adalah bagian terburuk yang dapat anda ambil ketika gempa bumi menyerang. Alasan utamanya adalah, jika cenderung memburuk, lift akan berhenti. Maka sungguh, akankah anda terjebak! Ambil tangga dengan cepat dan hindari lift, di semua tempat!

3. Jauhi dapur

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ run from kitchen

Dapur bisa menjadi tempat berbahaya, karena kompor gas. Kecelakaan kecil dan kebocoran gas dapat menyebabkan seluruh rumah terbakar. Selama gempa bumi, maka anda tidak ingin hal itu terjadi bukan! Lakukan lari ke pintu keluar dan hindari berhenti di dapur untuk alasan apa pun!

4. Jika anda tinggal di dekat lautan

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ tsunami run

Sebaiknya berhati-hati dengan mobil anda dan melarikan diri ke area yang jauh dari laut! Ya, gempa bumi sering dikaitkan dengan tsunami, yang disebabkan oleh pergeseran tanah. Jika tsunami menyerang dan Tuhan melarang anda berada di dekatnya, gempa bumi akan menjadi kekhawatiran anda!

5. Berada di lokasi yang aman

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ safe place

Apa yang bisa menjadi lokasi yang aman? Ketika anda jauh dari bangunan, jalan layang dan jembatan. Pastikan hanya anda dan langit terbuka di atas kepala anda. Dengan begitu, tanah yang bergetar tidak akan dapat melakukan banyak kerusakan.

4 Hal yang Harus di Lakukan Sesudah Gempa

1. Berhati-hati gempa susulan

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ Expect aftershocks

Yap, anda harus berhati-hati terhadap gempa susulan. Gempa susulan juga bisa mematikan setelah gempa bumi terjadi sehingga anda diperbolehkan kembali kedalam rumah dan melakukan aktivitas seperti biasanya. Namun kami sarankan agar anda tetap waspada terhadap gempa susulan.

2. Nyalakan radio atau dengarkan berita, dengan cara apa pun yang anda bisa

រូបភាពពាក់ព័ន្ធ

Ya, ini penting karena anda perlu menyadari situasi yang dihadapi. Jika ada peringatan tsunami atau perintah evakuasi apa pun dari pemerintah, radio atau perangkat komunikasi adalah satu-satunya cara bagi anda untuk terhubung dengan pihak berwenang atau pihak lain.

3. Di sekolah atau tempat kerja lainnya

រូបភាពពាក់ព័ន្ធ

Jika anda berada di sekolah atau di tempat lain, selalu pastikan anda mendengarkan mereka yang berada dalam posisi memerintah seperti guru, instruktur, kepala sekolah atau anggota dewan.

4. Jika terjebak di bawah reruntuhan

រូបភាពពាក់ព័ន្ធ

Kami tahu ini mungkin salah satu tips paling biasa dan klise yang pernah ada, tetapi tetaplah tenang! Hanya pikiran yang tenang yang mampu berpikir dan beradaptasi untuk bertahan hidup. Jika terperangkap, tunggulah pihak berwenang untuk memindahkan puing-puing dan puing-puing dan membebaskan anda. Anda dapat bersiul atau melempar objek di sekitar untuk menentukan lokasi anda. Tetap dekat dengan seusatu yang dapat dimakan, agar dapat bertahan untuk durasi yang lebih lama.

Jadi, inilah cara anda menghindari cedera atau menjadi tidak berdaya saat gempa terjadi. Pastikan anda mempraktekkan langkah-langkah di atas tetap aman dan terlindungi. Ingat, sebagai manusia, kami tidak dapat menjamin bahwa kami akan selamat dari bencana alam. Namun, kita bisa menggunakan peluang sedikit demi kebaikan kita.

Baca juga : Tsunami Menerjang Kota Palu

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed