oleh

Asian Para Games 2018: Momen Mengharukan Presiden Jokowi

Trending News

Peradabandunia.com – Serangkaian upacara pembukaan Asian Para Games 2018 miliki perbedaaan dengan Asian Games 2018. Bila Asian Games 2018 cuma 1x opening ceremony, di Asian Para Games 2018 ada seringkali pembukaan, persisnya 3x.

Presiden RI Joko Widodo buka Asian Para Games 2018 di Stadion Utama Gelanggang olahraga Bung Karno, Sabtu (6/10/2018). Tidak hanya memberi pidato dalam bahasa isyarat, Jokowi juga lakukan prosesi memanah.

Prosesi itu diawali dengan video seseorang gadis yang duduk di kursi roda bernama Bulan. Ia bercerita perjuangan para penyandang disabilitas, dalam melakukan hidup serta tidak kenal capek untuk berlatih.

Bulan lantas menegur Presiden. “Saya berada di sini, Pak Jokowi ada dimana?” katanya.

Jokowi juga langsung turun dari podium VIP serta mendekati Bulan. Bulan memberi satu kotak, lalu mereka lakukan prosesi memanah.

Jokowi lalu memanah dengan tujuan kata ‘disability’. Kata itu lalu hancur jadi ‘ability’ demikian terserang panah.

Sebelumnnya, Jokowi buka Asian Para Games 2018 dengan memakai bahasa isyarat dengan satu kalimat. “Asian Para Games Indonesia 2018 saya nyatakan di buka, selamat berjuang serta sukses,” papar Jokowi.

Presiden Asian Paralympic Commitee, Majid Rashed menyampaikan, Asian Para Games 2018 di Indonesia jadi tonggak terpenting buat paralimpian Asia, untuk berkompetisi dalam dunia.

Selain itu, Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari menyampaikan, Asian Para Games 2018 ialah semangat kesetaraan buat penyandang disabilitas. Lewat arena ini, Indonesia tunjukkan semangat yang mengagumkan dalam mensupport perjuangan atlet difabel.

Asian Para Games 2018 berjalan di Jakarta pada 6-13 Oktober. Arena ini mempertandingkan 18 cabang berolahraga. Indonesia membidik tempat tujuh besar dengan perolehan 16 medali emas.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed