oleh

Beberapa Faktor Penyebab Alergi Pada Anak

Peradabandunia.com – Alergi merupakan sebuah reaksi berlebihan tubuh terhadap benda asing yang masuk dalam tubuh. Biasanya anak-anak lebih rentan terserang alergi karena kulit mereka masih sangat sensitive.

Anak lebih rentan terserang penyakit atau alergi dibandingkan dengan orang dewasa.

Perlu pemahaman orang tua tentang apa saja yang menyebabkan terjadinya alergi pada si kecil. Berikut ini beberapa faktor penyebab alergi pada anak :

  • Makanan yang tidak higienis

Jaman sekarang banyak sekali makanan-makanan yang mengandung zat kimia berbahaya seperti pewarna buatan, pemanis buatan, pengawet, pengenyal, penyedap berlebihan. Oleh karena itu kita perlu memperhatikan makanan atau jajanan yang akan dikonsumsi si kecil.

  • Lingkungan yang tidak sehat

Hampir semua lingkungan hidup kita dicemari oleh polusi Udara yang disebabkan oleh asap kendaraan, asap rokok, asap pabrik, dan lainnya. Polusi Udara berdampak pada menurunnya kekebalan tubuh anak. Jika anak sedang tidak fit akan sangat gampang untuk terserang penyakit maupun alergi.

  • Minimnya pasokan ASI

ASI eksklusif selama 6 bulan dapat meningkatkan system imun atau kekebalan tubuh pada anak. Hal itu akan membuat tubuh anak semakin sehat dan dapat menangkal penyakit maupun alergi.

  • Hidup terlalu higienis

Hidup higienis memang bagus, tapi jika terlalu higienis juga dapat berdampak buruk, terutama bagi si kecil. Hidup bersih membuat kita jauh dari bakteri dan kuman. Tapi juga membuat anak menjadi asing terhadap bakteri dan kuman sehingga mereka lebih mudah terkena alergi.

Itu dia beberapa faktor penyebab alergi terutama pada si kecil. Semoga dapat bermanfaat dan sehat selalu.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed