LOADING

Type to search

Fakta Dibalik Rencana Pensiun Jack Ma Tahun 2019

Entertainment

Fakta Dibalik Rencana Pensiun Jack Ma Tahun 2019

Share
Trending News

Entertainment | Salah satu pendiri raksasa e-commerce  Alibaba dan salah satu pengusaha Cina yang paling terkenal, Jack Ma, mengundurkan diri.

Alibaba mengatakan kepala eksekutif Daniel Zhang akan menggantikan Mr Ma sebagai ketua dewan dalam waktu satu tahun. Ia akan pergi pada ulang tahunnya yang ke 55 pada 10 September 2019 – membuatnya menjadi pendiri pertama di antara generasi pengusaha internet Cina terkemuka untuk mengundurkan diri dari perusahaannya.

Foto Masa Kecil dan Remaja Jack Ma

Berikut ini lima hal yang perlu diketahui tentang Jack Ma.

1) Dia adalah seorang guru bahasa Inggris
Lahir dari keluarga miskin di kota Hangzhou, Cina timur, Ma memulai karirnya sebagai guru bahasa Inggris sebelum menjadi miliarder e-commerce buatan sendiri.

Mr Ma berjuang di sekolah dan ditolak sebanyak 30 jenis pekerjaan yang berbeda, salah satunya termasuk di KFC.

Dia membeli komputer pertamanya pada usia 33 tahun dan sangat terkejut ketika tidak ada bir Cina yang muncul di pencarian online pertamanya untuk kata kunci “bir”.

Tanpa latar belakang komputasi, Mr Ma mendirikan Alibaba di apartemennya selama hampir dua dekade lalu, setelah meyakinkan sekelompok teman-temanya untuk berinvestasi di pasar online-nya.

2) Dia sangat kaya
Mr Ma adalah orang terkaya ketiga di China, dengan kekayaan bersih $ 36.6 milliar (£ 28.3 milliar), menurut daftar Forbes 2017.

Dia memiliki hampir 9% dari Alibaba, yang sekarang bernilai $ 420 milliar

Pada tahun 2014, perusahaan mengumpulkan $ 25 miliar dalam penawaran saham publik terbesar di dunia.

Melalui Alibaba, Mr Ma menjadi penggerak utama yang menciptakan pasar baru dengan menciptakan kembali ritel dan kemampuan finansial di China.

Dengan fenomena pemasaran yang dikenal sebagai Hari Singles perusahaan melahirkan dua acara belanja terbesar di AS dengan sebutan Black Friday dan Cyber ​​Monday.

Bill Gates & Jack Ma

3) Dia memberikan banyak hal
Setelah mulai memikirkan rencana suksesi 10 tahun yang lalu, Mr Ma mulai mundur dari perusahaan pada tahun 2013, ketika ia mengundurkan diri sebagai chief executive officer untuk menjadi ketua.

Dia mengatakan dia ingin mendedikasikan lebih banyak waktu untuk filantropi melalui Jack Ma Foundation. Tiga tahun kemudian, yayasan pendidikan berjanji untuk menyumbangkan $ 30 juta untuk inisiatif 10 tahun untuk mendukung pengajaran di pedesaan Cina.

Sementara dia berencana untuk melanjutkan perannya sebagai mitra pendiri dalam Kemitraan Alibaba, dia sekarang ingin kembali ke apa yang dia “suka lakukan” – pendidikan.

Mr Ma mengatakan baru-baru ini dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg bahwa “ada banyak hal yang dapat saya pelajari dari Bill Gates”, yang juga mendirikan yayasan filantropisnya sendiri sebelum mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif Microsoft.

4) Trump sepertinya menyukainya
Pada bulan Januari tahun lalu, Ma mengatakan dia telah mengadakan “pertemuan besar” di New York dengan Presiden terpilih AS, Donald Trump.

Setelah pertemuan itu dia mengatakan bahwa mereka berdua sepakat bahwa hubungan AS-China “harus diperkuat, harus lebih ramah dan lebih baik”.

Pada saat itu, Mr Trump memuji Jack Ma sebagai “pengusaha besar, hebat, salah satu yang terbaik di dunia”, yang mencintai AS dan China.

Mr Ma berjanji untuk membantu bisnis AS menciptakan satu juta pekerjaan baru dengan menggunakan situs webnya untuk dijual ke China.

Dia pensiun pada saat produsen dan bisnis Cina menghadapi tantangan besar dari perang perdagangan AS dengan China.

Film KungFu Jack Ma Yang Berjudul Gong Shou Dao

5) Dia suka menjadi pusat perhatian
Co-founder Alibaba yang penuh warna dan karismatik muncul untuk bersenang-senang dan menjadi pusat perhatian.

Pada tahun 2017, Mr Ma mengubah perayaan ulang tahun perusahaan menjadi acara “Thriller”, dengan penampilan yang terinspirasi oleh Michael Jackson.

Tahun lalu, ia membuat debut aktingnya dengan film pendek kungfu pertamanya Gong Shou Dao, di mana ia berdebat dengan master seni bela diri Jet Li.

Dia tidak hanya penggemar seni bela diri tetapi telah berlatih tai chi selama lebih dari 30 tahun.

Begitulah 5 fakta tentang Jack Ma pendiri Alibaba.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *