oleh

Masa Depan Aborsi Adalah Internet, Bukan Dokter

Masa Depan Aborsi Adalah Internet, Bukan Dokter – Buat beberapa orang, frase “aborsi ilegal” memperingatkan gambar dari klinik gang belakang, penyedia medis dengan kredensial yang dipertanyakan, serta, tentunya, gantungan mantel yang ditakuti – satu objek yang begitu menggugah seringkali dipakai menjadi lambang memprotes.

Tetapi gambar-gambar itu telah tertinggal jaman, punya masa pra-Roe. Hari-hari ini, aksi riil dalam aborsi saat ini online, saat sekumpulan aktivis hak reproduksi memakai internet untuk sebarkan berita mengenai langkah memakai pil aborsi. Mereka mengharap untuk memberikan orang hamil yang tinggal di beberapa tempat dimana aborsi hampir tidak bisa dibuka, atau langsung ilegal, akses ke langkah yang aman serta efisien untuk menggantikan kesuburan mereka sendiri.

Mungkin Bagi Wanita Untuk Mengambil PIL Ini Untuk Menghasilkan ABORSI Pada Mereka Sendiri, Tanpa Bantuan Dokter

Karena pengenalan pil aborsi mifepristone serta misoprostol – yang, dengan gabungan, dengan efisien menginduksi aborsi 95 % sampai 98 % dari waktu – sangat mungkin untuk akhiri kehamilan yang tidak diharapkan tiada prosedur medis invasif. Lebih terpenting lagi, mungkin buat wanita untuk ambil pil ini untuk lakukan aborsi sendiri, tiada pertolongan dokter. Pil-pil itu bisa dibeli dengan online – menjadi buat beberapa orang, mungkin untuk hindari klinik seutuhnya.

Beberapa orang yang mencari info mengenai aborsi yang diurus sendiri mempunyai beberapa tempat untuk dituju, termasuk juga Rencana C, ReproAction, serta safe2choose. Dalam banyak masalah, service ini cuma daftar realitas mengenai aborsi yang diurus sendiri. Tapi beberapa, seperti SASS (akronim untuk Aborsi Mandiri, Aman & Di dukung), tawarkan akses ke konselor yang bisa memandu pengunjung lewat proses aborsi yang diurus sendiri, menjawab tiap-tiap pertanyaan yang mungkin mereka punya mengenai keadaan spesial mereka sendiri.

Di luncurkan pada April 2017, SASS ialah service konseling online yang disiapkan oleh grup aktivis aborsi wanita Pertolongan Wanita internasional. Diluar AS, Women Help Women ialah satu diantara beberapa kumpulan penuh operasi support aborsi yang diurus sendiri, memberi bukan sekedar support serta info, tapi pil aborsi yang sebetulnya pada beberapa orang yang manfaatkan service itu (Women on Situs tawarkan perihal yang sama service, aman belakangan ini membuat ketetapan untuk menjauh dari pengiriman langsung). Tapi sebab banyak ketentuan AS yang dengan hukum melarang penyusunan seperti ini, manfaat SASS dikit berlainan.

Saat seorang hadir ke SASS, mereka memperoleh tips mendalam mengenai langkah lakukan aborsi yang diurus sendiri. Ada daftar panjang pertanyaan serta jawaban, yang meliputi semua realitas mengenai aborsi yang diurus sendiri: tempat dimana pil aborsi bisa didapat, langkah aman menginduksi aborsi memakai baik mifespristone serta misoprostol atau cuma misoprostol saja, apakah yang akan berlangsung saat proses aborsi.

Komplikasi seperti apakah yang membutuhkan kunjungan ke rumah sakit, serta, mungkin yang sangat terpenting dari semua, apakah yang perlu Anda jelaskan pada dokter bila Anda datang di ruangan kritis darurat – terpenting bila Anda ada dalam kondisi dimana aborsi yang diurus sendiri ialah ilegal. Situs ini dapat mendaftarkan sumber daya untuk beberapa orang yang lebih pilih aborsi di klinik tapi tidak paham bagaimana mewujudkannya, termasuk juga info mengenai dana aborsi yang disediakan untuk memfasilitasi prosedur buat beberapa orang berpendapatan rendah.

Untuk orang dengan pertanyaan yang lebih spesifik, ada pilihan penambahan: aliran pertolongan berbasiskan situs yang sangat mungkin pemakai untuk tersambung dengan konselor SASS yang berbasiskan diluar AS. Pemakai mengirim pertanyaan mereka lewat portal aman serta dikasihkan tautan acak tempat jawaban mereka akan diposkan dalam beberapa saat. Sesudah tujuh hari, halaman jadi kosong, tidak tinggalkan bukti dari pertanyaan aslinya.

Bila skema itu terlihat seperti jubah kecil serta belati, itu untuk argumen yang bagus. “Kami ingin pastikan jika menghubungi SASS akan aman,” kata Susan Yanow, salah satunya anggota team Wanita Pertolongan Wanita AS. Di banyak negara – termasuk juga tempat perlindungan hak reproduksi, seperti New York – aborsi yang diurus sendiri ialah kejahatan.

Sebab aborsi yang diurus sendiri dengan medis tidak bisa dibedakan dari keguguran, jaksa tergantung pada panduan lainnya untuk pastikan apa seorang lakukan aborsi. Pesan teks atau surel yang menyesatkan mengenai aborsi yang diurus sendiri bisa membuat seorang dipenjara, seperti yang diperlihatkan oleh pengalaman beberapa orang seperti Purvi Patel, seseorang wanita Indiana yang dijatuhi hukuman dua puluh tahun penjara sesudah jaksa mengatakan jika kegugurannya sudah dipicu oleh aborsi. pil (Kepercayaan Patel lalu dibatalkan oleh pengadilan banding).

Sesaat orang yang mencari aborsi di masa pra-Roe v. Wade mempertaruhkan infeksi, infertilitas, serta bahkan juga kematian, hari-hari ini menguber aborsi yang diurus sendiri dengan mifepristone serta misoprostol membawa rintangan yang berlainan.

Masalah yang sangat berarti ialah memperoleh akses ke pil ditempat pertama. SASS memberikan beberapa pilihan. Misoprostol (yang seringkali diresepkan untuk menahan bisul serta dengan sendirinya ialah 85 % efisien saat dipakai untuk akhiri kehamilan) terkadang bisa didapat dari dokter, dokter hewan, atau diatas meja di negara seperti Meksiko. Beberapa apotek daring jual pil pil aborsi, tapi ini dapat mahal, lamban datang, serta berkualitas menyangsikan. Itu penyebabnya Rencana C tawarkan kartu laporan yang menilainya service yang berlainan.

Tapi tidak ada agunan jika info itu masih tetap canggih. Skema farmasi online ialah “seperti mendera-mole – apakah info yang baik ini hari belumlah pasti info yang baik minggu kedepan atau bulan kedepan atau tahun kedepan, sebab [apotek] hadir serta pergi,” kata Abigail Aiken, asisten profesor di Kampus Texas-Austin yang pelajari motivasi serta pengalaman beberapa orang yang menguber aborsi yang diurus sendiri.

Komplikasi bisa serta memang berlangsung: Katherine Olivera, seseorang relasi program di International Women’s Health Coalition yang awal mulanya bekerja di Pusat Kesehatan Gereja Falls – salah satunya penyedia aborsi cuma di Virginia utara – cemas mengenai desas-desus seperti “diagnosis kehamilan ektopik yang terlewati atau tidak berhasil. abortus.”

Tapi resiko paling besar buat orang yang ingin mengurus aborsi mereka sendiri mungkin legal: bahkan juga saat aborsi yang diurus sendiri tidak dengan eksplisit ilegal, praktek bisa dituntut dibawah hukum rusaknya janin (yang berada di buku di sepuluh negara sisi, termasuk juga Massachusetts , Michigan, serta Washington) atau lewat penyalahgunaan statuta anti aborsi kuno (yang berada di lima belas negara sisi, termasuk juga Alabama, Minnesota, serta Nevada).

Ancaman diamankan sesudah ke arah ke ruangan kritis darurat untuk mencari perawatan untuk komplikasi ialah apakah yang dipandang seperti ancaman sangat kejam oleh beberapa penganjur – salah satunya project yang seperti SASS harap untuk memerangi dengan mendidik penduduk mengenai langkah hindari memberatkan diri mereka sendiri.

Susah untuk menyampaikan berapa seringkali aborsi yang diurus sendiri bisa berlangsung di Amerika bila Roe v. Wade terbalik. Walau beberapa simpatisan mencurigai jika serangan tingkat negara sisi pada akses aborsi sudah tingkatkan minat pada aborsi yang diurus sendiri, tidak terdapat beberapa data tentang frekuensinya, beberapa sebab penekanan beberapa simpatisan tempat membuat perlindungan anonimitas orang yang memakai service mereka.

“Kami fikir itu bertambah, tapi kami tidak paham,” kata Yanow. Yamani Hernandez, direktur eksekutif untuk Jaringan Nasional Dana Aborsi, mencatat jika sesaat organisasi terima keinginan untuk info mengenai aborsi yang diurus sendiri, frekwensi keinginan “bukan suatu yang kami lacak.”

Tapi project seperti SASS tengah bekerja untuk pastikan jika, apapun yang berlangsung dalam perjuangan hak reproduksi, kita akan tidak kembali pada masa gantungan mantel. Dengan memberi info, nasehat hukum, serta support emosional, aktivis aborsi yang diurus sendiri buka jalan buat hari esok baru hak reproduksi, dimana info ialah alat sangat kuat untuk pastikan otonomi badan.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed