oleh

Mengasah Kemampuan Matematika Pada Anak

Peradabandunia.com – Pelajaran matematika sering kali menjadi momok menakutkan bagi anak. Namun sebenarnya matematika bukanlah hal yang sulit, hanya diperlukan keseriusan dalam mengerjakannya.

Anak-anak perlu dibiasakan dalam kegiatan berhitung agar mereka semakin memahami ilmu-ilmu matematika. Belajar matematika tidak hanya dilakukan di sekolah, tapi juga dapat dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. Selain membaca, matematika jugalah hal penting yang perlu dipelajari dan dikuasai oleh anak. Karena itu kita perlu mengasah kemampuan matematika anak.

Berikut ini beberapa cara untuk mengasah kemampuan anak dalam kegiatan sehari-hari :

  • Berikan mainan edukasi
Berikan mainan edukasi agar anak dapat bermain sambil belajar.

Semua anak pasti sangat menyukai waktu bermain, oleh karena itu biasakan mereka untuk belajar sambil bermain. Berikan mereka mainan edukasi agar mereka dapat bermain, juga dapat menangkap ilmu. Mainan berupa balok dan puzzle akan membantu anak untuk mengembangkan kemampuan dalam visualisasi bentuk, posisi, serta ukuran benda-benda secara tepat.

  • Luangkan waktu untuk permainan matematika

Cara ini cukup sederhana, disaat sedang duduk ngobrol dengan anak. Selipkan beberapa permainan seperti menghitung jumlah tas yang dia miliki, menghitung jumlah sepatu yang dia miliki dan menjumlahkan dengan milik adiknya. Ini akan membuat kemampuan matematika anak semakin terasah.

  • Pantau perkembangan prestasi anak di sekolah
Selalu pantau perkembangan anak di sekolah.

Nilai akademik memang bukanlah prioritas, tapi sebagai orang tua kita wajib memantau perkembangan anak di sekolah.

  • Jangan bedakan anak laki-laki dan perempuan

Baik anak lelaki maupun anak perempuan wajib mempunyai dasar ilmu pengetahuan yang sama.

  • Libatkan anak dalam kegiatan rumah

Jika anak sudah agak besar, libatkan dia untuk menghitung anggaran rumah tangga. Hal ini bertujuan agar kelak dia mengetahui dasar-dasar kehidupan dan juga cara memaintance uang yang kelak dia hasilkan.

Itu dia beberapa cara mengasah kemampuan matematika pada anak. Semoga bermanfaat ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed