oleh

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini

Trending News

Peradabandunia.com – Istilah lebih baik mencegah sebelum terlambat mungkin sudah sering kamu dengar. Banyak sekali penyakit yang tidak sulit diobati tapi dapat dicegah seperti kanker, penyakit jantung.

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia.Penyakit jantung dan pembuluh darah dimulai dengan proses atherosklerotik atau penumpukan materi lemak di dalam pembuluh darah. Hal ini dapat memperlambat peredaran darah ke jantung dan menyebabkan nyeri dada, serangan jantung bahkan stroke.

Sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung sejak dini .

Proses atherosklerotik terbentuk sejak usia muda dan mulai berdampak pada umur 30-40an. Untuk itu kita perlu menjaga kesehatan jantung kita sejak dini agar dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan jantung sejak dini :

  • Tidak merokok dan juga menghindari paparan asap rokok

Merokok merupakan salah satu penyebab penyakit jantung. Oleh karena itu sebaiknya jauhi rokok maupun asap rokok agar dapat menjaga kesehatan jantung kita.

  • Menjaga berat badan ideal

Menjaga berat badan secara normal atau ideal juga dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Mengontrol asupan makanan, mengurangi makanan berlemak dan mengonsumsi banyak vitamin sangatlah baik untuk kesehatan jantung.

  • Olahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin dapat mencegah berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.

  • Mengurangi kolesterol

Mengurangi kolesterol dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Cara mengurangi kolesterol yaitu dengan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

  • Menjaga gula darah dalam tubuh

Gula darah yang tidak teratur dalam tubuh dapat menyebabkan diabetes yang juga bisa mengakibatkan penyakit jantung. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh agar tetap normal.

Itu dia beberapa cara menjaga kesehatan jantung sejak dini. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed