oleh

Tanda Tanda Kanker Mulut Yang Harus Diwaspadai

Trending news – Kanker mulut adalah sebuah sel-sel yang tumbuh di setiap bagian dari rongga mulut atau orofaring biasanya kanker mulut akan tumbuh di daerah lidah atau bawah lidah.

Hampir kebanyakan kanker mulut akan menutupi semua permukaaan mulut lidah dan bibir kanker ini disebut sel datar atau disebut juga sel skuamosa kemudian kanker akan menyebar ke gelenjar getah bening terdekat di leher.

Tanda-tanda yang harus diperhatikan dan di waspadai agar tidak terlambat sampai ke stadium akhir biasanya kita kurang memperhatikan ternyata kanker sudah stadium 4 atau satdium akut.

kanker mulut yang harus diwaspadai

– Nyeri mulut

Nyeri pada bagian mulut memang sering dirasakan semua orang namun jika sakit pada mulut tak kunjung sembuh dalam waktu lama pergilah konsultasi kedokter karena itu bisa jadi awal tanda kanker mulut.

– Bercak kemerahan dan putih

Bercak kemerahan dan putih biasanya terdapat dibawah lidah dan jilka dalam 2 minggu tak membaik segeralah kunjungi tenaga medis profesional., karena bercak kemerahan berpotensi kanker mulut.

-Sulit mengunyah

Terkadang kita menganggap sepele dengan sulit mengunyah bagi para manula kadang selalu menganggap ketidakcocokan gigi palsu sebagai penyebab kesulitan mengunyah,apalagi padaa walnya gigi palsu itu cocok.

Jadi perhatikan lidah dan pipi akan bisa membuat kita lebih sering menggigit Jaringan mulut selagi mengunyah.

-Benjolan di pipi

Benjolan dan penebalan dipipi biasanya tanda awal kanker mulut jadi coba gunakan lidah untuk merasakan adanya benjolan,tonjolan atau bercak Kasar ini umumnya tidak merasakan.

Dan sering kali menyamarkan benjolan yang berpotensi bahaya selalu waspadai jika benjolan yang terus membesar atau bercak kasar yg meluas di dalam mulut.

-Suara berubah

Pada umumnya kanker mulut stadium lanjut akan menyebar dan mempengaruhi tenggorokan dan ketika kanker mejalar ke pita suara kualitas suara Menjadi berubah serak dan parau.

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed