oleh

Wajib Coba, 7 Makanan Jogja Beserta Tempatnya !

Trending News

Wajib Coba, 7 Makanan Jogja Beserta Tempatnya !Untuk pecinta makanan yang serius, apa cara terbaik untuk menjelajahi kota baru? Makanan dan lainnya, tentu saja! Dan orang Indonesia tahu betul bahwa jalan menuju hati anda adalah melalui perut anda! Selain dikenal sebagai kota budaya dan seni, Yogyakarta juga dikenal karena pengalaman kulinernya yang unik dan lezat untuk anda coba. Ketika kami berkeliling kota, kami melihat banyak warung pinggir jalan di mana orang hanya duduk-duduk di atas tikar dan makan, bergaya piknik. Teman kami yang akrab dengan Yogyakarta memberi tahu kami bahwa ini adalah ‘lesehan’, gaya makan lokal yang unik di Yogyakarta.

Seperti yang mereka katakan, ketika di Roma, lakukan seperti yang dilakukan oleh orang Roma, jadi jika anda ingin merasakan bagaimana benarnya hidangan lokal, bagaimana anda tidak bisa bergabung dengan mereka di atas tikar? 😉 Dan makanannya sangat enak sehingga kami tidak malu untuk mengakui bahwa kadang-kadang, kami bahkan akhirnya memiliki 3 sarapan – kami tidak dapat membantu mencoba semuanya! Jadi di sini, inilah rekomendasi terbaik kami (sebagian besar dicoba dan dicicipi)!

Wajib Coba, 7 Makanan Jogja Beserta Tempatnya !

1. Mie ayam Addictive dimasak dalam saus rahasia! – Mie Ayam Bu Tumini

Image result for Mie Ayam Bu Tumini

Kami makan di sini tidak hanya sekali tetapi dua kali karena mie disini sangat enak sekali ! Warung mi ayam ini memenangkan hati semua orang sejak awal 90-an, dan warung mie yang sederhana ini selalu menjadi tempat yang ramai dikunjungi. Pilih antara kaki ayam atau potongan ayam sebagai topping, anda bahkan dapat memilih opsi ayam ekstra mereka, para pelanggan dapat memesan mei mangkuk jumbo atau hanya setengah porsi!.

Sausnya kaya dan kental, manis dan gurih dengan aftertaste kacang! Ramuan yang menarik namun menakjubkan dari rasa, ditingkatkan dengan beberapa sambal dan es teh untuk mengalahkan panas. Anda harus antre selama beberapa menit dan berjuang untuk duduk tetapi menunggu makanan yang satu ini sangat berharga!

Mie Ayam Bu Tumini

Address: Jl. Imogiri Timur No.187, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163 (Coordinates here)
Contact: +62 274 410 334
Opening hours: Mon-Sun 10am-5pm
Price Range: Rp.8000-10,000

2. Bakso dengan sedikit kegilaan – Baksonya Bakso Maharani

Image result for Baksonya Bakso Maharani

Di Baksonya Bakso Maharani, Anda dapat menikmati bakso terbaru dengan twist, yang disajikan dengan seluruh sumsum tulang (Bakso Sumsum), dan Anda bahkan dapat minum dari itu sementara rasa nya meresap dalam kaldu menggoda (bahkan datang dengan sedotan !). Kita tahu bahwa kaldu tulang adalah obat ajaib untuk semua penyakit!

Temuan lain yang tidak biasa adalah Bakso Mozzarella – bakso raksasa yang disajikan dengan isi mozzarella yang meluap, jadi jika Anda pencinta keju, ini tidak boleh dilewatkan!

Baksonya Bakso Maharani

Address: Jalan Damai, Ngaglik Sleman, Sinduharjo, Ngaglik, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Contact:+62 812 2184 7171
Opening hours: Mon-Sun 10am-10pm
Price Range: Rp.9000-20,000

3. Kenyamanan makanan rumahan – Bakmi Mbah Mo

Related image

«KENYAMANAN MAKANAN !! »- inilah yang kami teriakkan setelah mengambil sluri pertama dari Bakmi yang mengharukan ini. Mereka punya dua versi (kering atau pekat) dan kami mencoba keduanya. Telur dicampur ke dalam kaldu dan terlihat orak-arik, mie Anda diberi topping dengan ayam suwir dan taburi bawang musim semi untuk tendangan yang lezat!

Ini adalah restoran biasa, jadi tidak memiliki harapan yang tinggi pada tempat duduk yang nyaman tetapi Anda dapat menikmati pengalaman memasak langsung dan melihat setiap potongan Bakmi anda dibuat dari awal! Santap makanan ini dengan secangkir teh jahe panas mereka (Teh Jahe), tetapi mintalah lebih sedikit gula – orang Jawa memiliki gigi manis!

Bakmi Mbah Mo

Address: Jalan Parangtritis KM. 11, Code, Trirenggo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Coordinates here)
Contact: +62 815 4855 7743
Opening hours: Mon-Sun 5pm-11pm
Price Range: Rp.15,000-20,000

4. minuman favorit mantan presiden di Jogja – Wedang Ronde Mbah Payem

Image result for Wedang Ronde Mbah Payem

Meskipun ini akan terlihat seperti makanan penutup untuk Anda, tahu bahwa orang Jawa lokal menikmatinya sebagai minuman pinggir jalan yang nyaman – penuh warna tetapi juga sangat manis; siap untuk  mencoba sesuatu yang eksotis! Otentik ke Jawa, wedang ronde terbuat dari bola ketan manis yang direndam dalam air rasa jahe panas, sirup, ditaburi beberapa kacang, dan diisi dengan kacang di bola nasi. Karena disajikan panas, minuman biasanya dinikmati di malam hari untuk menghangatkan Anda sebelum tidur. “Ronde” (bola beras ketan bundar) biasanya berwarna putih atau hijau secara alami dari daun suji dan daun pandan, warna hijau yang hampir dapat ditemukan di Asia!

Hujan atau cerah, Anda akan dapat menemukan Mbah Payem dengan kereta kecil Wedang Ronde di jalan – bahkan, ia menemukan kebahagiaan dalam berbincang dengan pelanggannya dan menikmati hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-harinya di jalan-jalan Yogyakarta.

Wedang Ronde Mbah Payem

Address: Jl. Kauman, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132
Opening hours: Mon-Sat 7pm-12am
Price: Rp.5,000

5. Buah segar (termasuk alpukat) dengan es serut! – Es Buah PK

Image result for Buah segar (termasuk alpukat) dengan es serut! - Es Buah PK

Kita tidak bisa cukup berterima kasih kepada orang yang menemukan pencuci mulut kreatif ini – yang berasal dari awal tahun 70-an!
Warung pinggir jalan ini berspesialisasi dalam hidangan penutup es serut, tapi bukan jenis tradisional, karena mereka menyajikannya dengan buah-buahan segar seperti irisan buah alpukat, kelapa dan nanas, bersama dengan ramuan sirup rahasia (rupanya susu kental cokelat) dan kubus cincau. Ini adalah sesuatu untuk gigi manismu. Itu adalah salah satu makanan penutup terbaik yang pernah kami temui – maksud kami, di mana lagi kita bisa menemukan pencuci mulut dengan alpukat !? Satu tidak akan cukup, terutama dalam cuaca panas yang terik ini.

Warung ini juga menjual mie dan bakso (bakso); jadi jika anda di sini untuk makan siang, anda juga mendapat makanan penutup anda didalam menu!

Es Buak PK

Address: Jalan Pakuningratan Nomor 76 A, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (Coordinates here)
Opening hours: Mon-Sun 9am-6pm
Price: Rp.5,000-8,000

6. Masakan khas Yogyakarta – Gudeg Pawon

Image result for gudeg pawon

Seperti Nasi Lemak di Malaysia, hidangan legendaris yang berkuasa di Yogyakarta adalah Gudeg yang terkenal. Nangka adalah bintang hidangan ini – direbus berjam-jam dengan bumbu lain seperti bawang putih dan ketumbar, disajikan di daun pisang atau piring hampir sepanjang waktu. Tempe dan ayam rasa kelapa yang lezat juga merupakan bagian dari makanan yang mengabdi ini! Di Gudeg Pawon, anda bisa makan di rumah setempat.

Berada di sana lebih awal (jam 10 malam) atau anda berisiko menjadi yang terakhir dalam antrean dan mungkin melewatkan beberapa item. Tidak ada lagi ayam ketika kami tiba (dan itu tidak lebih dari 10.30 malam!), Dan semuanya hampir terjual habis pada jam 11 malam. Anda akan berbaris dari jalan tetapi beberapa langkah kemudian anda akan berada di dalam dapur! Panasnya panas di sana tetapi aroma yang nikmat dari sup kuah kaldu dan nasi akan membuat anda terus berjalan!

Image result for gudeg pawon

Di sini, Gudeg dibuat dengan cara tradisional – tidak ada kompor listrik atau teknologi modern tetapi hanya kayu dan arang, dan ini terjadi untuk memberikan rasa khusus dan sentuhan untuk seluruh pengalaman. Piring Anda disajikan, Anda akan menemukan diri Anda berbagi tempat duduk dengan penduduk setempat di bangku luar. Mengharapkan ledakan rasa, sausnya lembut dan nangka membawa tendangan yang manis, bersama dengan kulit sapi yang kenyal yang direndam dengan saus (krupuk). Kami telah mencoba banyak kedai Gudeg tetapi yang satu ini sulit dikalahkan, mungkin karena disajikan langsung dari dapur – mereka pasti menguasai seni Gudeg!

Gudeg Pawon

Address: Jl. Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164 (Coordinates here)
Contact: +62 857 4328 1104 / +62 822 3315 5497
Opening hours: Mon-Sun 10pm-1am (Or until sold out)
Price Range: Rp.15,000-30,000

7. Manjakan resep Gudeg tertua – Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Image result for Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Bayangkan Mbah Lindu yang berusia satu abad membungkuk di atas panci mendidihnya, memasak Gudeg legendarisnya dengan arang, setiap hari selama lebih dari 80 tahun. Setelah itu, dia akan berjalan sejauh 4 kilometer setiap pagi dari rumahnya ke tempat yang sama untuk dijual ke pelanggan lokalnya dan bahkan turis di seluruh dunia yang telah mendengar tentangnya.
Sekarang, Anda dapat melihat putrinya mengambil alih kendali di warungnya, meskipun dikatakan bahwa Mbah Lindu masih memasak Gudeg sendiri! Kisah Mbah Lindu adalah kisah yang emosional, tetapi menakjubkan melihat bisnis keluarga masih kuat dan membuat perut lapar bahagia.

Image result for Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan
Cobalah Gudeg mereka untuk sarapan karena dilengkapi dengan pilihan nasi atau bubur! Sausnya lembut dan pedas, ayamnya lembut dan mudah hancur saat merendam kaldu sementara telurnya direbus sampai sempurna! Duduk di kursi plastik mereka di pinggir jalan atau Anda bahkan dapat memilih untuk dibawa pulang – itu akan dikemas dalam daun pisang untuk Anda. Kami tidak mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Mbah Lindu ketika kami mampir, tetapi jika Anda melakukannya, beri tahu kami!

Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Address: Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta (Coordinates here)
Contact: +62 817 5422 990
Opening hours: Mon-Sun 5am-11am
Price Range: Rp.15,000-20,000

Baca juga : Makanan Internasional Yang Wajib Kamu Coba

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed