oleh

5 Hal yang Akan Dirasakan Ibu Setelah Melahirkan Dalam Kurun Waktu 24 Jam

Ketika seorang wanita sudah melahirkan bayi maka hidupnya akan mengalami sebuah perubahan, begitu juga dengan tubuhnya. Kehamilan dan persalinan merupakan dua hal yang banyak mengubah diri dan tubuh seorang wanita. Wajah bagi wanita yang baru saja melahirkan akan merasakan shock, bangga, dan tidak percaya. Namun itu semua akan kembali normal dalam waktu yang singkat. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang akan dirasakan seorang wanita pasca melahirkan. Yuk simak ulasannya!

1. Mengalami pendarahan
Dokter akan memantau kesadaran, pernapasan, dan juga tekanan darah selama 2 jam pertama pasca persalinan normal. Selain itu dokter juga akan mengecek apakan terdapat pendarahan lagi atau tidak. Selesai melahirkan, maka sang ibu akan memasuki masa nifas yaitu vagina akan mengeluarkan cairan yang berupa darah kotor berwarna merah tua yang sering disebut lokia selama kurang lebih 3-6 minggu.

2. Pergi ke kamar kecil
Setelah mengalami proses persalinan, biasanya ibu akan dilanda rasa takut untuk buang air bersih. Namun, kandung kemih akan mengalami pembengkakan saat melahirkan sehingga membuat ibu susah untuk buang air kecil. Namun untuk menghindari komplikasi maka harus buang air kecil dalam waktu 8 jam sejak melahirkan.

3. Susah tidur
Setelah melahirkan maka badan akan terasa capek dan pikiran juga lelah, maka seharusnya usahakan untuk tidur agar mengembalikan kondisi tubuh. Tapi untuk dapat tidur dengan nyenyak sedikit susah karena bayi akan sering menangis meminta ASI, maka gunakan waktu sebaik mungkin.

4. Payudara bengkak
Beberapa minggu setelah melahirkan maka ibu akan merasakan perbedaan yang terjadi pada payudara karena akan memproduksi kolostrum. Setelah itu, dalam waktu kurang lebih 3-4 hari payudara akan memproduksi ASI, dan menimbulkan efek bengkak dan mengeras pada payudara.

5. Kontraksi lanjutan setelah melahirkan
Pasca melahirkan, ibu akan masih merasakan kontraksi namun tidak sekuat kontraksi menjelang melahirkan. Kondisi ini biasa disebut dengan after-pains, tapi hal ini normal terjadi setelah persalinan karena rahim menjadi renggang dan membutuhkan waktu untuk kembali seperti semula.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed