oleh

Air Terjun Sedudo Menyimpan Legenda dan Pesona Keindahan Menakjubkan

Wisata Air Terjun Sedudo ternyata terkenal dengan mitos-mitos legenda yang sangat kuat. Banyak masyarakat yang belum mengetahui asal usulnya walaupun sudah pernah mengunjungi wisata tersebut. Berada di ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut pada bagian timur kawasan Gunung Wilis, Air Terjun Sedudo memiliki ketinggian sekitar 105 meter. Lokasi air terjun ini tepatnya berada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.

Legenda Air Terjun Sedudo ini ternyata konon pada zaman dahulu bermula pada seorang anak yang berasal dari sebuah padepokan. Anak tersebut tidak lain adalah anak dari pemilik padepokan yang melakukan semedi untuk melupakan seseorang yang dicintainya. Alasan kenapa dia ingin melupakan gadis tersebut karena ternyata sang gadis sudah dijodohkan dengan seorang anak raja. Jadi istilah kekiniannya si anak pemilik padepokan tersebut ingin “move on” dari sang gadis. Kemudian dia bertapa atau semedi di bawah air terjun, maka dari itu tempat semedi yang merupakan air terjun tersebut dinamakan Sedudo yang artinya “sing mendudo” atau dalam Bahasa Indonesia artinya “yang melajang”. Lelaki tersebut memiliki untuk melajang saja daripada tidak mendapatkan wanita yang dicintainya.

Setelah legenda itu menyebar luas, seorang tokoh agama Islam di Nganjuk bernama Ki Ageng Ngaliman juga pernah melakukan pertapaan di Air Terjun Sedudo juga. Sampai akhirnya Pemkab Nganjuk mengadakan tradisi ruitn setiap tanggal 1 Suro untuk melakukan upacara Parna Prahista , yaitu dengan mandi di bawah percikan Air Terjun Sedudo. Ritual ini dipercayai dapat mendatangkan keberkahan, keselamatan, dan juga awet muda.

Akses jalan menuju Air Terjun Sedudo saat ini cukup baik karena memang sudah menjadi tempat yang populer dikalangan masyarakat luas. Pada saat kendaraan sudah hampir dekat dengan Air Terjun Sedudo, bahkan suara gemuruh airnya sudah dapat didengar dari kejauhan. Fasilitas yang tersedia juga sudah lengkap, dari toilet, mushola, kolam berendam dan berenang, serta toko-toko yang menjual cinderamata. Jadi jika Anda mau awet muda, silahkan coba mandi di Air Terjun Sedudo!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed