oleh

Anjing Bisa Mendeteksi Kanker Paru-Paru, Bahkan Akurasinya Sampai 97%

Detik Kesehatan – Indonesia Anjing tak hanya dinilai sebagai hewan yang setia dan lucu, mereka hewan yang dapat menolong banyak orang, seperti dari segi kesehatan, yakni mendeteksi kanker. Peneliti di penjuru dunia tengah bereksperimen dengan beberapa cara untuk memakai kecerdasan buatan dan sarana teknologi lainnya demi mendeteksi kanker.

Salah seorang startup di Florida memutuskan bahwa untuk dapat mengambil pendekatan yang memiliki teknologi rendah demi menangani problem ini, yakni dengan menyerahkan tugas mengendur ataupun mendeteksi kanker yang dilakukan anjing, dan nyatanya mereka memang bagus sekali dalam hal itu.

anjing bisa mendeteksi penyakit di paru paru

Anjing mempunyai reseptor bau sebesar 10 ribu lebih akurat ketimbang manusia, yang membuat mereka sensitif sekali dengan bau yang tak bisa kita rasakan. Studi baru memperlihatkan jika anjing bisa memakai indra penciumannya yang berkembang demi mengambil sampel darah dari seseorang yang terkena kanker dengan akurasi sebesar 97%.

Dari penelitian ini, peneliti memakai teknik perilaku yang disebut dengan ‘clicker training’ demi mengajar 4 anjing pemburu supada dapat membedakan antara contoh darah sehat serta yang diambil dari seseorang dengan kanker paru-paru.

Meski salah seekor anjing yang bernama Snuggles, merasa tak termotivasi untuk melakukannya, menurut laporan 3 anjing lainnya bisa mengidentifikasi sampel darah yang terkena kanker paru-paru denga akurai  96,7% dan sampel darah normal sebesar 97,5%.

Percobaan itu dilakukan oleh peneliti di laboratorium farmasi Florida BioScentDx, yang diketuai Heather Junqueira. Heather mengatakan bahwa temuannya itu bisa memberikan jalan bagi para peneliti untuk dapat menemukan cara terbaru ataupun alat baru demi mendeteksi kanker.

“Meski saat ini tak ada obat bagi penderita kanker, deteksi kanker sejak dini mampu menawarkan harapan terbaik supaya dapat bertahan hidup. Suatu tes yang sensitif demi mendeteksi kanker berpeluang menyelamatkan banyak nyawa serta merubah cara pengobatannya,” ungkap Heather seperti dikutip foxnews.

BioScentDx berendana memakai deteksi bau anjing demi mengembangkan cara untuk mendeteksi kanker serta penyakit yang mengancam nyawa lainnya. Sebagai langkah berikutnya, perusahaan itu meluncurkan studi kanker payudara, yang dimana peserta menyumbangkan sampel nafas mereka untuk disaring oleh para anjing pendeteksi kanker.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed