oleh

Apakah Anda Menginginkan Bayi Kembar? Yuk, Coba Kenali 7 Tanda Hamil Bayi Kembar Berikut Ini

Memiliki bayi kembar merupakan sesuatu yang sangat diidam-idamkan bagi sebagian pasangan suami istri. Selain faktor genetic, hamil bayi kembar juga bisa melalui proses bayi tabung. Nah, ternyata wanita yang sedang hamil bayi kembar memiliki tanda khusus, lho. Penasaran apa saja tanda hamil bayi kembar? Ini dia jawabannya :

1. Kadar hCG yang tinggi
Salah satu tanda hamil bayi kembar adalah meningkatnya kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG). Pada awal kehamilan biasanya dilakukan pemeriksaan, kadar hCG yang tinggi biasanya menandakan bahwa kamu mengandung bayi kembar.

2. Mual dan muntah berlebih
Tanda kedua dari hamil bayi kembar adalah mual dan muntah yang berlebih. Jika kamu mengalami hal ini maka kemungkinan kamu hamil bayi kembar. Agar lebih pasti maka dianjurkan untuk memeriksakan kondisi mual dan muntah tersebut pada dokter kandungan.

3. Berat badan cepat naik
Dibandingkan dengan kehamilan bayi tunggal, kehamilan bayi kembar akan meningkatkan berat badan akan lebih cepat di trimester pertama. Di usia kehamilan yang sama, perbedaan berat badan antara hamil bayi normal dengan hamil bayi kembar mencapai 4,5 kilogram.

4. Intoleransi pada makanan tertentu
Ibu hamil bayi kembar biasanya akan intoleransi dengan makanan tertentu. Tekstur, aroma, dan rasa makanan bisa menjadi penghambat ibu hamil bayi kembar dalam mengonsumsi makanan tertentu tersebut.

5. Sering mengalami bercak
Tanda yang paling sering muncul untuk menandakan hamil bayi kembar adalah terdapat bercak atau flek yang keluar dari vagina selama trimester pertama. Jika flek tidak disertai rasa kram maka hal tersebut ridak berbahaya.

6. Muncul rasa pegal dan sering sesak napas
Biasanya wanita yang hamil bayi kembar akan mengalami sesak napas yang lebih buruk dibandingkan dengan wanita yang hamil bayi tunggal. Hal tersebut dikarenakan tingginya hormone progesterone dalam tubuh dan juga adanya dua janin membuat diafragma terdorong.

7. Pada awal kandungan gerakan bayi tidak terasa
Berbeda dengan wanita yang hamil bayi tunggal, hamil bayi kembar tidak akan merasakan gerakan atau tendangan bayi ketika mengandung pada masa awal-awal kehamilan. Gerakan bayi akan terasa ketika memasuki usia kehamilan 18-20 minggu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed