oleh

Beberapa Macam Alergi Yang Terjadi Pada Anak

Peradabandunia.com – Anak-anak lebih rentan terserang alergi dibandingkan orang dewasa. Oleh karena itu sebagai orang tua kita wajib mengetahui macam-macam alergi yang terjadi pada anak.

Anak-anak lebih rentan terserang alergi dibandingkan orang dewasa.

Alergi tidak hanya terjadi pada satu bagian tubuh, tetapi bisa saja terjadi pada bagian tubuh yang lain. Berikut ini beberapa macam alergi yang terjadi dan cara mengatasinya :

  • Alergi pencernaan

Alergi ini biasa  terjadi pada bayi berusia 1-2 tahun dimana alergi ini disebabkan oleh makanan. Bentuk alerginya biasa ditandai dengan muntah dan diare. Kamu bisa mengatasinya dengan memberikan oralit dan banyak minum.

  • Alergi saluran pernapasan

Alergi ini biasanya disebabkan oleh polusi udara atau debu. Pergantian cuaca juga dapat menjadi penyebab terjadinya alergi. Alergi saluran pernapasan biasa ditandai dengan asma, hidung gatal, bersin-bersin. Apabila anak mengalami sesak nafas, segera bawa ke dokter, jangan mengobati sendiri tanpa berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

  • Alergi pada kulit

Alergi ini tergolong sering terjadi, kulit anak yang masih sensitif menjadi alasan tersendiri kenapa anak mudah terserang alergi kulit. Kuit gatal dan kemerahan menjadi bentuk alergi yang terjadi pada kulit. Penyebab alergi ini tak lain dan tak bukan adalah debu, jamur, tungau atau makanan. Alergi ini bisa diatasi dengan bedak anti gatal, namun apabila tidak membaik segeralah berkonsultasi dengan dokter.

  • Alergi pada mata

Alergi mata berhubungan erat dengan alergi hidung, disaat bersin-bersin mata akan merah dan berair. Alergi ini disebabkan adanya kontak dengan lingkungan luar yang banyak debu, polusi dan sebagainya.

Itu dia macam-macam alergi yang terjadi pada anak dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed