oleh

Danau Kelimutu, Suguhkan Pesona Keindahan Menakjubkan!

Jika Anda pernah melihat gambar atau foto sebuah danau indah yang terdapat di tanah Flores, Anda akan lebih tercengang saat mengunjunginya langsung. Bernama danau Kelimutu, danau ini pasti tidak terlihat asing bagi Anda yang lahir pada tahun 90-an. Karena danau Kelimutu ini pernah tercantum di lembar uang lima ribu periode tahun 90an.

Berjumlah tiga danau dengan warna berbeda, danau Kelimutu terletak di bagian gunung Kelimutu tepatnya di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Fakta unik yang terkait dengan danau Kelimutu ini ternyata air danau bisa berubah warna tanpa dapat diprediksi waktunya. Warna yang muncul dari ketiga danau ini yaitu merah, putih, biru, hijau, coklat tua, dan beberapa warna lain. Keunikan ini yang menyita perhatian wisatawan untuk datang mengunjungi langsung lokasi danau Kelimutu.

Wisata danau Kelumutu bahkan juga sudah masuk dalam kawasan Taman Nasional. Tidak heran jika danau Kelimutu pernah dimasukkan pada gambar lembar uang Negara Indonesia. Bahkan yang unik lagi ketiga danau yang ternyata memiliki panggilan namanya masing-masing. Danau yang paling barat bernama “Tiwu Ata Mbupu” yang berarti “danau jiwa-jiwa orang tua yang sudah meninggal”, danau tengah yaitu danau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” yang berarti “danau untuk jiwa-jiwa anak muda yang sudah meninggal”, dan danau di sebelah timur yaitu “Tiwu Ata Polo” yang artinya “danau untuk jiwa-jiwa saat masih hidup selalu berbuat kejahatan”.

Nama setiap danau yang menyeramkan ternyata berbeda jauh dengan keindahan danau kawah yang menakjubkan. Danau Kelimutu tidak akan pernah mengecewakan para pengunjung yang menginjakkan kaki di sana. Pemandangan sunrise juga dapat Anda nikmati di puncak Gunung Kelimutu menjelang pagi. Untuk dapat menyaksikannya sebelum matahari tertutup kabut, Anda dapat menginap dulu di Moni atau sebuah penginapan lalu berangkat pagi buta ke puncak Kelimutu yang tidak terlalu jauh. Dijamin rasa lelah Anda akan terbayarkan setelah melihat keindahan yang disuguhkan nyata di depan mata. Bahkan Anda tidak akan berhenti mengagumi cipataan sang kuasa sangat luar biasa indahnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed