oleh

Diwaspadai Masuk ke Indonesia, Inilah Ciri-ciri Monkeypox atau Cacar Monyet

Detik Kesehatan – Indonesia Penyakit cacar monyet atau disebut monkeypox sudah ditemui muncul di negara Singapura beberapa waktu yang lalu. Sekarang ini beberapa daerah di Indonesia sangat mewaspadai supaya penyakit itu tak menyebar ke kawasan mereka. Ada hal yang dapat dikenali lewat ciri-ciri cacar monyet ini.

Penyakit cacar monyet kali pertama muncul di pedesaan Afrika Barat. Kasus penyakit itu sering ditemui didekat hutan hujan tropis dimana ada kontak yang terlalu sering dengan hewan yang terinfeksi. Sampai saat ini belum ada bukti kalau persebaran dari manusia ke manusia bisa menularkan cacar monyet.

penyakit cacar monyet

Tapi persebaran cacar monyet diketahui hanya dari hewan kepada seseorang. Penyakit ini bisa ditularkan lewat kontak darah, cairan tubuh, dan bekas luka dari hewan terinfeksi.

Ciri-ciri monkeypox yang muncul kepada seseorang dapat terjadi antara 5 hingga 21. Tapi besar sebagian masa inkubasi ataupun waktu infeksi menuju gejala terjadi 7 hingga 14 hari.

Saat seseorang mengalami penyakit cacar monyet, ciri-ciri yang dapat dikenali dengan munculnya:

  1. Demam
  2. Nyeri Otot
  3. Sakit kepala
  4. Kelenjar getah bening membengkak
  5. Sakit punggung
  6. Kelelahan
  7. Meriang

Biasanya ciri-ciri monkeypox yang terlihat secara fisik terlihat antara satu sampai tiga hari. Selepas muncul demam, pasien akan mengalami ruam di seluruh tubuh. Biasanya ruam di kulit dimulai dari wajah, kemudian baru menyebar kepada bagian lain dari tubuh pasien. Lesi ini selanjutnya berkembang dari maculopapules [lesi dengan bentuk yang rata] jadi vesicles [benjolan padat kecil], bintik-bintik, sampai jadi lapusan kulit yang semakin mengering.

Tapi ciri-ciri monkepox yang nampak ini saja masih belum cukup untuk dapat mengenali penyakit ini dengan gamblang. Harus dilakukan tes laboratorium  secara khusus demi melihat adanya penyakit ini.

Sampai saat ini masih belum adanya penanganan dan juga vaksin yang spesifik untuk penyakit onkeypox ini. tapi persebaran penyakit ini bisa dicegah serta dikendalikan.

Beruntung penyakit monkeypox itu biasanya cuman menular dari hewan kepada manusia sehingga tak terlalu berbahaya. Meskipun demikian kalau kamu mengalami kondisi yang serupa dengan ciri-ciri monkepox di atas, sebaiknya kamu segera periksakan ke rumah sakit.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed