oleh

Efek Buruk Tidak Mencuci Tangan

Detik Kesehatan – Indonesia Mencuci tangan merupakan hal yang gampang dilakukan namun memberi pengaruh banyak bagi kesehatan lebih ketimbang apa yang kita pikirkan selama ini. Memang seperti hal yang disepelekan namun mencucui tangan dengan benar dan tepat dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menjadikan tubuh tidak mudah terserang sakit.

Jika kita kerap terserang diare dan juga pilek, ini mungkin diakibatkan oleh malasnya kita mencucui tangan. Dan sebaiknya untuk melakukan kebiasan ini dengan rutin ini setiap saat agar bisa menjaga kesehatan. Ini beberapa efek buruk bila malas mencuci tangan.

mencuci tangan dengan bersih dan benar

Masalah pernapasan

Memang betul apa yang dibilang oleh ibu, bila tidak sering mencucui tangan ini akan membuat tubuh akan gampanng terserang penyakit. Selain mudah terserang flu, resiko yang lain misal pnemonia serta penyakit masalah pernapasan lain bisa muncul saat tidak suka atau jarang mencucui tangan . mencuci tangan dengan betul akan bisa kurangi resiko terserang pilek serta penyakit masalah peenapasa yang lain hingga 21 persen.

Diare

Penyakit pencernaan ini bisa menyerang dengan gampang pada orang yang malas untuk mencucui tangan. Biasanya ini menjadi hal yang harus dilakukan ketika usai buang air. Karena bakteri serta virus yang ada pada feses bisa mengakibatkan penyakit yang berakitan dengan diare misalnya salmonela, e coli serta norovirus.

Keracunan maknan

Selain sebelum serta sesudah makan, ketika memasak juga perlu sering mencucui tangan. Karena bila makanna yang dimasak misal daging mentah dan juga telur dapat memiliki kandungan bakteri. Mencuci tagan ini sangat penting sebab bis amencegah kontaminasi silang.

Peneularan penyakit kepada yang lain

Harus di ingat bahwa tangan ini selalu menyentuh semua hal yang berada pada sekitar sepanjang hari. Ini artinya bila kita menyentuh kenop pintu usai menyentuh hidung, mata dan jga tubuh yang lain, maka orang yang akan memegang kenop serta memiliki resiko pengambilan kuman terlebih bila tubuh sedang mengalami sakit.

Itulah beberapa bahaya bila malas untuk mencuci tangan. Sebaiknya mulai sekarang biasakan selalu mencuci tangan agar terhindar dari bahaya penyakit.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed