oleh

Es Dawet Memiliki Manfaat? Apakah Benar? Kita Lihat Manfaat Es Dawet Bagi Kesehatan yang Mungkin Kalian Tidak Menduganya

Es Dawet merupakan minuman yang sangat menyegarkan. Es dawet biasanya disajikan dengan campuran santan, gula merah, tapai, mutiara, agar-agar ataupun dapat menggunakan janggelan. Es dawet tidak hanya minuman yang menyegarkan, tetapi memiliki manfaat lho. Berikut ini adalah manfaat es dawet bagi kesehatan.

1. Kandungan Gizi Es Dawet
Protein : 11,35 gram
Lemak : 13,9 gram
Karbohidrat : 175 gram
Fosfor : 220 mg
Kalsium : 160 mg
Zat Besi : 2 mg
Vitamin C : 1,9 mg

2. Es Dawet membantu pencernaan
Perut kembung dan kurang nafsu makan dapat kita atasi dengan es dawet. Bahkan es dawet ini mengandung serat yang baik untuk membantu proses penyerapan zat gizi di dalam usus halus.

3. Efek Mendinginkan Tubuh
Es dawet yang dibuat dari sagu ternyata memiliki kandungan karbohidrat yang bisa membuat tubuh menjadi lebih dingin. Dapat juga mengatasi beberapa gangguan pada empedu. Karena itulah minum es dawet saat musim kemarau bisa mengatasi dahaga dan membuat perut menjadi lebih nyaman.

4. Meningkatkan Nilai Gizi
Es dawet memiliki kandungan protein yang rendah, namun juga memiliki banyak kandungan mineral dan sumber vitamin. Kombinasi es dawet dengan beberapa bahan lainnya sangat baik untuk meningkatkan nilai gizi.

5. Meningkatkan Energi
Ketika tubuh berpuasa, maka tubuh akan merasa lebih lemah, tapi sesaat setelah minum es dawet maka tubuh seperti memiliki energi yang baru. Bahkan orang sakit yang masuk dalam tahap pemulihan bisa mengonsumsi dawet ini untuk meningkatkan energi dan lebih cepat pulih.

6. Menjaga kesehatan tulang
Bahan dawet yang digunakan untuk membuat es dawet memang memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Kalsium sangat penting untuk menjaga pertumbuhan tulang.

7. Mengontrol Tekanan darah
Es dawet mengandung kalium meskipun di dalam jumlah yang sedikit. Kalium sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah agar tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

8. Meningkatkan Berat badan
Bagi orang yang bermasalah dengan berat badanm maka bisa melakukan terapi sehat dengan bahan es dawet atau dawet.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed