oleh

Etika yang Harusnya Kamu Lakukan Saat Menggunakan Ponsel Pintarmu. Harusnya Kamu Sudah Tahu!

Pada jaman sekarang yang semuanya sudah memerlukan hal yang serba digital seperti smartphone. Ada berbagai macam tipe smartphone yang dapat kamu pilih. Namun, hanya karen asmartphone ini banyak orang yang mengabaikan etika ketika menggunakannya. Banyak orang tidak memdulikan orang lain lagi, yang penting dirinya telah terbekali dengan gawai yang teknologinya paling mutakhir. Ini yang perlu dikhawatirkan oleh kebanyakan ornag, sebab lama-kelamaan rasa peduli antar orang menjadi berkurang karena kesibukannya. Bahkan semua orang berpikir bahwa tidak perlu bertemu langsung kepada orang yang ingin ia ajak bicara karena dapat lewat chatting saja. Bukankah hal ini miris?

Contohnya saja jika kamu dikirimi broadcast lucu-lucuan yang sebenarnya bukanlah hal lucu, mungkin sesekali kamu akan terhibur, namun jika ini terlalu sering maka akan menjadi sesuatu yang dapat membuat kamu menjadi males.

Nah, agar aktivitasmu selama menggunakan ponsel tidak membuat ilfeel orang lain, kamu perlu menyimak etika saat menggunakan ponsel, terutama jika kamu ingin mengirim pesan seperti berikut.

1.Jangan beri ucapan terima kasih tanpa disertai dengan nama orang yang dituju

Sering sekali orang-orang memberikan sebuah ucapan terima kasih secara ikhlas. Ucapan yang sopan ini sebaiknya disertai dengan nama orang yang dituju dengan lengkap juga alasannya kenapa kamu berterima kasih kepadanya. Memang ini akan terlihat basa-basi, namun cara ini merupakan hal yang penting kamu lakukan untuk menghargai orang lain atas bantuannya atau sekadar perhatian uang diberikan oleh orang lain kepadamu.

2.Manfaatkan fitur direct message untuk menanyakan hal yang penting

Unggahan orang lain di media sosial memang dangat menarik untuk disoroti dan ingin sekali rasanya mengomentari foto atau pun video yang dia posting. Lucunya, terlalu asyik kamu berkomentar, bisa jadi malah membuatmu dan dia menjadi saling ledek atau bahkan menanyakan sesuatu yang [enting dan sifatnya pribadi dengan dalih mumpung orangnya sedang online. Maklum, chat WA jarang dibalas.

Namun, sebenarnya hal ini sangat tidak pantas kamu lakukan, karena orang lain pun akan merasa risih dan enggan membalas karena kamu kelewat personal padahal di media sosial ada fitur direct message yang dapat kamu manfaatkan, lho!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed