oleh

Faktor Penambah Resiko Terkena Galukoma

Detik Kesehatan – Indonesia Glaukoma adalah salah satu penyebab masalah kebutaan paling besar kedua selain katarak. Beda dengan penyakit katarak, kebutaan yang disebabkan penyakit glaukoma in tidak bisa untuk disembuhkan.

Jika terjadi kerusakan terus menerus dan terus berlanjut ini akan mengakibatkan kebutaan yang permanen. Dengan tidak di obati, glaukoma akan sebabkan kebutaan total yang hanya butuh waktu selama setahun saja.

penyakit mata

Jenis glaukoma di golongkan dalam dua jenis yaitu glaukoma primer dan glaukoma sekunder. Glaukoma primer yaitu glaukoma yang tidak diketahui apa penyebabnya tetapi kemungkinan besar yaitu terkait adanya genetik dan untuk glaukoma sekunder mempunyai penyebab yang jelas. Sebetulnya ada banyak faktor yang bisa menambah resiko orang bisa terserang glaukoma primer mauapun genetik. Ini beberapa faktor yang bisa menambah resiko terkena glaukomo.

Genetik, faktor yang satu ini sangat mempengaruhi jenis glaukoma primer. Peneliti mengatakan bahwa jika pernah ada salah satu keluarga yang buta disebabkan glaukoma, ini akan meningkatkan resiko untuk pewarisnya atau keturunannya juga terkena glaukoma.

Usia. Untuk glaukoma primer faktor usia juga bisa menjadi penyebab orang bisa terkena glaukoma. Untuk itu dokter menyarankan untuk selalu melakukan pemeriksaan skrinning atau pemeriksaan glaukoma dengan teratur. Apa lagi orang orang yang sudah menginjak umur 60 tahun keatas.

Penggunaan kacamata. Para orang yang memiliki kondisi mata miopi atau hipermetropi yang sudah tinggi agar selalu berhati hati. Apalagi penggunaan kacamata yang sudah memiliki ukuran yang sangat tinggi ini sangat perlu diwaspadai.

Penyakit gula atau diabetes. Penyakit yang disebabkan kadar gula darah tinggi atau diabetes sebetulnya bukanlah menjadi faktor resiko. Tetapi lebih tepatnya adalah dikatakan menjad faktor pemberat orang bisa terkena penyakit glaukoma.

Pemakaian obat obatan tertentu. Ini merupakan salah satu faktor yang bisa menambah resiko seseorang bisa terkena glaukoma. Apa lagi untuk orang yang menglami glaukoma sekunder. Selain karena obat faktor seperti trauma tertentu bisa untuk menambah resiko bisa terserang penyakit yang bisa membutakan mata tersebut. Sangat perlu diwaspadai ketika sedang mengonsumsi obat obatan tertentu perlu sangat pengawasan dokter yang ahli.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed