oleh

Fitur Firefox Send Diluncurkan Mozilla Sebagai Saingan Google Drive

Mozilla, developer perambaan Firefox, telah meghadirkan sebuah fitur layanan terbaru yang bernama Firefox Send. Layana Firefox Send ini adalah sebuah fitur untuk melakukan file-transfer sebagaimana guna dari layanan Googledrive dan juga Dropbox.

Dengan Firefox Send ini, para pengguna akan bisa melakukan kegiatan kirim-mengirim file ke semua orang. Layanan terbaru Firefox Send ini juga dikatakan sangat aman dipakai di perambaan apapun.

Klaim keamanan Mozilla atas Firefox Send ini berdasarkan fitur end-to-end encryption yang digunakan oleh Firefox Send. Artinya, kecuali pengunggah file tersebut tidak ada satu orang pun yang bisa melakukan akses, kecuali mendapatkan izin dari pengunggah.

Dengan Firefox Send, para pengguna juga bisa melakukan perlindungan terhadap file yang mereka transfer menggunakan fitur keamanan ekstra. Keamanan ekstra ini melingkupi batas jumlah unduhan yang bisa dilakukan terhadap file yang diunggah, jangka waktu berlakunya link file unggahan sampai pemasangan password atas file unggahan.

Untuk ukuran file yang sampai 1 GB bisa diupload oleh pengguna non-berbayar melalui Firefox Send tersebut. Sementara bagi pengguna berbayar bisa melakukan unggah file hingga ukuran 2,5 GB.

Cara Unggah File di Firefox Send

Untuk melakukan unggah file di Firefox Send, cara yang digunakan cukup mudah, yaitu:

  • Untuk memasukkan file yang ingin kamu unggah, pilih menu “Select files to upload” yang ada dikotak unggahan dan berada di sisi kiri layanan Firefox Send. Selain menggunakan cara ini, kamu bisa melakukan pemilihan file dengan cara melakukan “drag and drop”.
  • Setelah proses pemilihan file sudah selesai kamu lakukan, kamu perlu melakukan sejumlah pengaturan untuk file yang akan kamu unggah tersebut. Pengaturan tersebut mulai dari durasi aktif link unduhan, penambahan password demi keamanan file agar ada batasan akses jika kamu menginginkannya.
  • Jika pengaturan tersebut sudah cukup, maka langkah selanjutnya adalah klik “Upload”.

Tidak berselang lama setelah proses upload file selesai, kamu akan menerima laporan berupa link unduhan dari file yang sudah kamu upload tadi. Link ini bisa kamu bagikan ke siapapun dan mereka juga bisa mengunduh file tersebut.

Selain sudah bisa dioperasikan melalui semua perambaan di PC, Mozilla mengatakan bahwa layanan Firefox Send ini juga akan segera hadir dalam aplikasi Android.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed