oleh

Google Berhasil Buang Game Tak Bermanfaat di Play Store

Detik Teknologi – Google berhasil menghapus dengan total 13 game yang berasal dari Play Store seusai Lukas Stenfanko yang merupakan seorang peneliti keamanan ESET berhasil menemukan beberapa aplikasi yang didalamnya memasang malware dalam perangkat android. Dia telah mengunggah postingannya tersebut di Twitter.

Banyak aplikasi jahat yang kini menyebar di Google Play Store dan setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Seperti yang dikutip dari Phone Area, (23/11) 13 game tersebut telah dipasang oleh para penggunanya sebanyak 580 ribu. Dua diantara merupakan game yang bisa dikatakan  cukup menjadi trend saat ini. Para pengguna itu mengira bahwa mereka akan memasang game truck driving dan loading car. Namun sejauh ini memang sejauh ini belum diketahui tujuan malware itu.

Malware itu memang dapat mengakses penuk dalam trafik jaringan seluler maupun tablet android. Karena itu malware tersebut dapat mencuri rahasia apapun yang terdapat dalam perangkat Android.

Ketiga belas game abal-abal itu pun diketahui berasal dari orang yang sama yaitu Luis O Pinto. domain yang berhasil disebarkan malware tersebut dapat dilacak oleh Stefanko. Diketahui orang tersebut bernama Mert Ozet yang berasal dari Istanbul. Namun sejauh ini orang tersebut belum ada respons.

Pihak Google sendiri memang sudah sangat rajin membersihkan aplikasi berbahaya yang berada di Play Store. Di tahun lalu sendiri, mereka berhasil membersihan 700 ribu aplikasi yang dianggap berbahaya.

Mengingat pada saat ini banyak penjahat siber yang berusaha keras memanfaatkan kesempatan untuk dapat melakukan aksi tersebut, termasuk juga melalui aplikasi di Play Store. Maka untuk saat ini banyak sekali himbauan bagi para pengguna untuk lebih berhati-hati dalam memasang aplikasi. Pengguna harus pandai memilih developer yang sering dikenali dan mencurigai developer asing.

Aplikasi yang dapat berubah menjadi malware dalam Play Store memang sudah menjadi rahasia umum. Sedikitnya sejauh ini ada 3,2 juta aplikasi kejahatan yang terdapat dalam Android pada tahun 2018 ini. Informasi itu didapatkan melalui riset yang dilakukan oleh para peneliti G Data.

Pada tahun ini telah meningkat aplikasi jahat mencapai 40 persen daripada tahun lalu.

G Data telah menyebutkan bahwa kini ada sekitar 11.700 malware yang ada di Android pada tiap harinya. Ini menjadi sebuah ancaman untuk Android telah meningkat tajam.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed