oleh

Gus Nur Ditangkap Atas Pencemaran Nama Baik

Sugi Nur Raharja atau Gus Nur telah resmi ditetapkan sebagai tersangka pada kasus pencemaran naik baik. Gus Nur dilaporkan atas vlog-nya yang dinilai menghina Nahdltahul Ulama atau NU.

Pada kasus ini, Gus Nur menjadi tersangkpa pada pasal 27 ayat (3) dan pasal 45 ayat (3) UU ITE. Kedua pasal tersebut menyatakan bahwa pelanggar melakukan pelanggaran dikarenakan mendistribusikan sebuah informasi yang bertujuan penghinaan atau pencemaran nama baik.

“Pelaku kali ini kita jerat dengan pasal 27 ayat 3 dan pasal 45 ayat 3,” ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera di Mapolda Jatim Jl. Ahmad Yani Surabaya.

Bahkan menurutnya, kasus yang dikakukan oleh Gus Nur sudah tiga bulan atau tepatnya sejak September 2018 ditangani oleg Subdit V Cyber Crime Ditreskrimum Polda Jatim.

“Kita akan menetapkannya sebagai tersangka, namun kita harus terus selidiki dahulu kasus ini. Sebelumnya kasus ini sudah dilakukan sejak September dan kita lakukan penyelidikan hingga November 2018,” imbuh Frans Barung Mangera.

Gus Nur mendapat penolakan

Kemudian Barung menyatakan apabila pelapor adalah koordinator Forum Pembela Kader Muda NU yang mana dirinya juga menjadi Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim. Kemudian pada laporan yang telah dikirimkan pada 12 September, si pelapor mengaku bahwa mendapatkan vlog tersebut dari kiriman grup Whatsapp.

Sementara itu, video tersebut dibuat pada Sabtu (19/05), Gus Nur membuat vlognya tersebut di Pesantren Karomah, Palu, Sulawesi Tengah. Kemudian video tersebut dibuat dengan menggunakan kamera DSLR ‘Canon’dengan durasi 29 menit, 25 detik dan dengan judul ‘Generasi Muda NU Penjilat’. Lalu yang menjadi barang bukti ialah hanya video dengan durasi 1 menit 27 detik.

Kemudian, setelah itu Gus Nur mengunggah video tersebut pada akun YouTubenya. Barung mengatakan dalam keterangan saksi ahli, memang tersangka yang bernama Gus Nur tersebut menggunakan kata-kata kasar dan menghina kepada para Pemuda NU.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed