oleh

Jadi yang Pertama, Hauwei Akan Rilis Dua Chip 7nm 21 Juni

Perusahaan Huawei akan menggelar sebuah acara yang digelar pada tanggal 21 Juni nanti. Acara tersebut akan menjadi sebuah panggung besar dari Huawei dengan sejumlah kejutannya. Beberapa perangkat juga akan dirilis berbarengan dalam acara tersebut.

Dikonfirmasi bahwa Huawei akan meluncurkan tiga smartphone terbaru mereka dengan satu produk tablet terbaru. Namun ada satu produk lagi yang benar-benar merupakan kejutan dari perusahaan asal Cina ini.

Dalam hal ini, He Gang selaku President Huawei’s Consumer Mobile Business Unit memberikan pernyataan bahwa Huawei akan merilis dua chipset 7nm. Perilisan tersebut yang akan menajdi pesta besar Huawei pada acara tersebut.

Pernyataan He Gang tentang perilisan dua chip 7nm sekaligus tersebut dia katakan melalui Weibo. Dengan ini, Huawei akan menjadi perusahaan smartphone pertama di dunia yang memiliki dua chip SoC 7nm.

Lebih jelas, President Huawei’s Consumer Mobile Business Unit  tersebut juga mengatakan dengan jeals waktu dan tempat perilisan tersebut. Dia mengatakan bahwa kedua chip 7nm ini akan diluncurkan pada 21 Juni 2019 di Wuhan.

Namun sayang, He Gang dalam keterangan panjang lebar tersebut tidak menyebutkan nama dari kedua chip terbaru Huawei tersebut. Namun,beberapa bocoran mengatakan bahwa chip 7nm tersebut adalah HiSilicon Kirin 810.

Prosesor Kirin 810 ini sendiri merupakan generasi penerus dari chip 12nm Kirin 710. Chip paling terbaru ini juga dikatakan akan disematkan Huawei pada salah satu produk smartphone terbaru mereka, Huawei Nova 5.

Terkait SoC ini masih belum ditemukan informasi yang terpercaya dan pasti, namun dikatakan bahwa komponen tersebut dibangun menggunakan node 7nm milik TMSC. Disampaikan pula bahwa chip ini merupakan NPU internal milik Huawei dan memiliki kinerja yang tidak berbeda jauh dengan Kirin 980.

Dalam perancangannya, Kirin 810 milik Huawei ini dibuat untuk mengalahkan Qualcomm Snapdragon seri 700. Untuk prosesor Snapdragon seri 700 yang paling diunggulkan saat ini adalah Snapdragon 730G.

Chip Kirin 810 ini memiliki keunggulan tersendiri dalam masalah efisiensi daya. Hal itu karena chip prosesor ini memiliki ukuran node yang lebih kecil.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed