oleh

Semua Perangkat iPhone dan iPad Diklaim Mudah Dibobol Oleh Cellebrite

Saat ini, hampir kebanyakan konsumen milenial sudah mulai menyadari bahwa privasi data mereka sangat penting untuk dirahasiakan dan dijaga. Namun bagaimana jika ada sebuah pihak yang mengumumkan secara terang dan lantang bahwa mereka bisa saja membobol semua sistem keamanan dari perangkat.

Hal ini tentu akan sangat mebahayakan keamanan data privasi dari banyak pengguna perangkat tersebut. Namun sebuah firma forensik digital yang berkantor di Israel, Cellebrite, mengklaim bahwa hal itu sangat bisa mereka lakukan.

Pada sekitar pekan lalu, firma Cellebrite ini mengumumkan sebuah tool yang berfungsi sebagai pengestrak data teranyar mereka, Universal Forensic Extraction Device (UEFD). Iklan dari tool ini mereka keluarkan melalui sebuah cuitan di Twitter.

Membanggakan UEFD terbaru yang mereka buat, Cellebrite mengklaim bawha tool ini bisa dengan mudal membobol semua perangkat dengan iOS, baik iPhone maupun iPad. Selain itu, sejumlah perangkat kelas atas seperti Samsung, Motorola, Huawei, Xiaomi hingga LG juga termasuk dalam klaim ini.

Berbicara mengenai tujuan adanya UEFD ini tentu saja tidak sembarangan dibuat. Pasalnya, dikatakan bahwa tool ini ditujukan untuk melancarkan tugas dari penegak hukum utnuk melakukan berbagai investigasi.

Dalam sejarah yang diketahui, terungkap bahwa Cellebrite bukan sebuah firma forensik abal-abal atau kelas kacangan. Diketahui bahwa mereka adalah pihak yang menangai masalah perangkat iPhone teroris yang tidak bisa diakses oleh FBI.

Tool UEFD milik Cellebrite ini merupakan sebuah perangkat keras yang dirancang khusus dan memiliki software khusus juga. Tool ini harus disambungkan secara fisik dengan perangkat atau ponsel yang akan dijebol.

Bagi penegak hukum, mereka akan bisa menggunakan perangkat ini untuk mengatasi masalah sesuai keperluan mereka. Namun, masyarakat menjadi agak rishi dengan tool tersebut. Mereka khawatir jika perangkt ini disalah gunakan oleh beberapa oknum.

Kekhawatiran publik semakin menjadi-jadi setelah beberapa waktu lalu ditemukan perangkat milik Cellebrite ini di pusat pelelangan alat electronik bekas. Transaksi perankat UEFD ini ditemukan oleh oleh seorang pedagang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed