oleh

Jika Tak Ditangani Serius, Diabetes Bisa Menjak ‘Mama’ Berbagai Penyakit

Detik Kesehatan – Indonesia Penyakit Tidak Menular [PTM] seperti contohnya diabetes masih jadi masalah di negeri kita. Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek, mengatakan bahwa banyak masyarakat yang masih belum dapat mengetahui tentang angka gula darah yang aman.

“Sangat senang orang Indonesia jika ditanya soal gula darah, ‘gula darahku bagus kok,’ berapa?, 3300,”’ ujar Nila pada pemaparannya pada kegiatan paparan publik Pencerah Nusantara yang digelar di Jakarta, Kamis 18 Juli 2019.

cek gula darah

“Ini angka semakin naik semakin bagus atau angka turun semakin baik, saya juga bengong,” imbuh Nila. Dia juga sempat mengatakan jika seorang pemimpin negara mengatakan meskipun angka gula darahnya sebesar 600 tetapi ia masih baik-baik saja.

Mendengar kalimat tersebut Nila mengatakan “Itu sih Tuhan masih sayang, pak. Coba kalo Tuhan minta gula darahnya dinaikin sedikit aja, pasti udah di surga.”

Oleh sebab itu jika ini tak ditanggulangi, diabetes dapat menjadi ‘mama’ dari banyak penyakit. Salah satunya ialah penyakit gagal ginjal. Ia mengatakan jika tak mungkin rumah sakit dan pemerintah terus menerus menyediakan alat untuk cuci darah [hemodialisis].

“Kalo seperti itu, artinya kita mengharapkan orang untuk sakit ginjal terus-terusan.”

Nila mengungkapkan bahwa gaya makan orang Indonesia masih banyak yang tidak baik. Kebiasaan seperti itulah yang ikut jadi pemantik tingginya angka PTM seperti diabetes. Salah satu kebiasaan makanan yang umum dilakukan ialah mengkonsumsi mie dengan nasi. Bahkan kebiasaan itu diungkapkannya banyak dilakukan semenjak usia sekolah.

“Proteinnya mana coba, kerbohidrat semua saking suka banget sama mie. Jadi terus terang saja saya melarang mie instan ada di rumah. Kalo perlu banget. Kalo lagi pilek memang biasanya enak makan mie rebus,” Sloroh Nila. Sehingga perubahan perilaku pola makan jadi salah satu kunci demi mencegah penyakit seperti itu terjadi.

Sementara itu, Riset Kesehatan Dasar memperlihatkan bahwa adanya kenaikan PTM di Indonesia. Khusus angka diabetes melitus semenjak tahun 2013 lalu. Yang sebelumnya sebesar 6,8 persen jadi 8,4 persen. Indeks Pembangunan Kesehatan 2019 menemukan jika skor penilaian PTM di Indonesia semakin memburuk atau mengalami penurunan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed