oleh

Ternyata Jinjit Masih Memiliki Manfaat

Belakangan ini banyak cerita terkait apabila terdapat seorang menderita stroke dan ingin sembuh, seorang tersebut hanya perlu melakukan terapi jinjit selama 50 kali dalam sehari. Namun, ternyata kabar tersebut hanyalah bualan semata atau hoax.

Tapi jangan salah, kendati sama sekali tidak dapat menyembuhkan stroke, ternyata jinjit juga masih memiliki manfaat. Namun, jinjit yang dilakukan secara terus-menerus ternyata juga bisa berdampak negatif pada kaki, terutama pada otot kaki.

Seperti diketahui, jinjit tersebut adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh jari-jari kaki. Namun hal ini juga jangan sampai disepelekan. Gerakan yang dinilai mudah dilakukan tersebut sebenarnya masih harus mengeluarkan banyak tenaga. Namun, gerakan ini juga bisa sangat bermanfaat, salah sataunya yakni sirkulasi darah pada bagian kaki.

Tidak hanya itu, jika jinjit dijadikan sebagai olahraga maka manfaat yang akan didapatkanya semakin besar. Diantara manfaat dari olahraga jinjit adalah, melatih otot-otot kaki, membakar lemak betis, dan mengecilkan betis.

Jinit terlalu sering bisa menyebabkan kram otot kaki

“Jinjit memang sangat mudah, namun apabila dilakukan dengan tujuan olahraga, maka memiliki manfaat sangat baik. Salah satunya bisa melancarkan sirkulasi darah pada kaki. Tidak hanya itu saja, masih banyak manfaat dari jinjit yang terus dilakukan ini, diantaranya ada mengecilkan betis, membakar lemak pada betis, melatih otot-otot kaki dan mengecangkan bokong,” kata Indra Lesama, SKM, SFt, Mor selaku ahli fisioterapi.

Akan tetapi, Indra Lesama juga memberi saran dalam melakukan hal tersebut. Menurutnya, jinjit tesebut harus dilakukan dengan benar dan tidak tidak dilakukan secara terus menerus, sebab hal ini bisa berdampak tidak baik juga bagi kesehatan kaki.

“Melakukannya ini tidak harus terus menerus, sebab jika kamu melakukan jinjit secara rutin dan terus menerus juga .tidak baik. Hal ini dimungkinkan bisa membuat otot kram dan tegang pada kedua otot kaki,” jelas Indra Lesama.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed