oleh

Kenali Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

Detik Kesehatan – Perut kembung tak hanya dialami oleh orang dewasa saja namun bayi pun juga dapat mengalaminya. Dimana perut kembung membuat rasa tidak nyaman pada bayi dan mengakibatkan bayi mudah rewel tanpa alasan yang jelas. Pada usia 1-3 bulan adalah usia yang wajar jika bayi mengalami kembung, karena memang belum sempurnanya fungsi saluran pencernaan. Karenanya kita perlu megetahui tanda,dan cara mengatasinya.

Perut kembung pada anak disebabkan karena ,gas yang ada pada perut belum dapat keluar dengan sempurna

Adanya gas dan udara di saluran pencernaan akan menjadi suatu masalah jika gasnya terlalu banyak. Dimana gas tersebut dapat dikeluarkan dengan mudah. Namun berbeda dengan bayi, karena bayi dapat mengeluarkan gas dari perut hanya dengan bantuan orang dewasa.

Sebelum kita membahas tentang cara mengatasinya, anda harus tau tanda – tanda bayi mengalami kembung. berikut cara mengenali ,penyebab, dan cara mengatasi masalah kembung pada bayi.

Faktor perut kembung pada bayi

Banyaknya udara yang dia telan atau proses penguraian dari pencernaan yang kurang baik dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya perut kembung pada anak. Perut kembung dapat terjadi apabila:

– Makanan yang ibu konsumsi

Apabila seorang ibu yang masih menjadali program ASI ekslusif mengkonsumsi brokoli, Kol,kacang, atau bawang bombai yang dimana sayuran tersebut adalah jenis sayuran yang menghasilkan gas, maka secara otomatis ASI yang diminum oleh bayi juga mengandung gas. Sehingga perut anak tersebut menjadi kembung.

– Posisi yang salah saat menyusui

Salahnya posisi botol susu atau payudara dapat mengakibatkan si bayi terlalu banyak menelan udara. Hal ini sering terjadi pada ibu yang sedang menyusui.

– Kelebihan Laktosa

Pada awal bayi mendapatkan ASI foremilk tanpa disadari mengandung banyak laktosa dan rendah akan lemak . Tidak semua Laktosa yang dikonsumsi mudah dicerna karena kurangnya lemak untuk melambatkan proses ini. Dimana berakibat pada menumpuknya gas pada bayi.

– Belum sempurnanya proses pencernaan

Saat bayi pasti belum dapat mengolah fases,makanan dan gas dengan baik. Masih belum normalnya usus untuk menghasilkan bakteri baik yang seimbang. Yang pada dasarnya digunakan untuk sistem imun dan kerja pencernaan.

Anda perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh bayi. Hindari makanan yang mengandung gas

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed