oleh

Khabib Nurmagomedov Juara Dunia UFC Yang Dipuji Sekaligus Dibenci

Trending News – Sebelumnya tak banyak yang mengenal nama Khabib Nurmagomedov. Namun namanya mendadak terkenal dan menjadi sosok yang paling dicari-cari di internet berapa hari ini.

Khabib Nurmagomedov sudah terkenal di kalangan pecinta olahraga Mixed Martial Art ( MMA ). Petarung asal Rusia ini menjadi seorang petarung muslim pertama yang berhasil menjadi juara dunia UFC. Dia juga mencetak rekor fantastis dengan 27 kali kemenangan tanpa kalah usai mengalahkan superstar UFC, Conor McGregor.

Khabib Nurmagomedov mencetak rekor fantastis 27 kali menang tanpa kalah.

Siapa sebenarnya Khabib Nurmagomedov ini ? Kenapa dia sangat dicari di internet belakangan ini? 

Ternyata banyak fakta menarik yang dapat kita ambil dari sosok Khabib Nurmagomedov ini. Dia lahir pada 20 September 1988 di Dese Sildi Distrik Tsumadinsky, Dagestan, Rusia yang merupakan daerah otonomi pecahan Uni Soviet.

Dagestan sendiri terkenal sebagai kawasan paling bermasalah di Rusia. Dagestan dianggap sebagai rumah bagi teroris. Pada tahun 2016 tercatat 966 kasus terorisme terjadi di Dagestan.

Khabib Nurmagomedov merupakan anak kedua dari 3 bersaudara. Dia mempunyai saudara laki-laki yang bernama Mogamed dan saudara perempuan yang bernama Amina. Pada tahun 2001 Khabib Nurmagomedov dan keluarganya pindah ke ibu kota Makhachkala, ibu  kota Dagestan.

Khabib Nurmagomedov merupakan anak kedua dari tiga bersaudara.

Ayah Khabib Nurmagomedov merupakan seorang pelatih gulat dan mantan atlet gulat. Tidak pernah terbesit di pikiran sang Ayah untuk menempa Nurmagomedov menjadi seorang atlet professional.

Sejak kecil, Khabib Nurmagomedov telah menyukai olahraga ini. Dia berlatih gulat, judo dan sambo. Pada usianya yang masih muda, dia memberanikan diri bertolak ke Kiev, Ukraina untuk berlatih Combat Dobro.

Debut Khabib Nurmagomedov dipanggung MMA dimulai pada tahun 2008 lalu. Tampil sebagai pendatang baru, Khabib Nurmagomedov langsung mencuri perhatian pecinta MMA setelah meraih 4 kemenangan beruntun dalam waktu satu bulan.

Karir Khabib Nurmagomedov di UFC dimulai pada tahun 2011.

Karier Khabib Nurmagomedov semakin bersinar setelah kemenangan demi kemenangan mengantarkan dia ke panggung yang lebih megah. Pada akhir tahun 2011, Khabib Nurmagomedov menandatangani kontrak enam laga kelas ringan di arena Ultimate Fighting Championship ( UFC).

Khabib Nurmagomedov berhasil menjadi juara dunia UFC kelas ringan usai mengalahkan Al Iaquinta pada bulan April lalu. Laga Khabib Nurmagomedov melawan Conor McGregor menjadi laga pertama dia dalam mempertahankan gelarnya. Khabib Nurmagomedov membuktikan kehebatannya dan memaksa McGregor menyerah pada ronde ke-4.

Khabib Nurmagomedov terkenal sebagai seorang Muslim yang taat.

Mengenai sosok Khabib Nurmagomedov sendiri, dia terkenal sebagai pemeluk Islam yang taat. Ia menikah pada juni 2013 dan memiliki seorang putri dan seorang putra. Khabib Nurmagomedov juga menguasai beberapa Bahasa seperti Degestani, Rusia, Inggris, Turki dan Arab.

Latar belakang etnis dan agama Khabib Nurmagomedov ini membuat pecinta MMA Rusia berpikir ulang untuk mengidolakannya. Tak hanya dari warga Rusia, popularitas Khabib Nurmagomedov dikabarkan juga mengusik kelompok fundamentalis ISIS.

Dipuji oleh dunia, Khabib Nurmagomedov ternyata sosok yang dibenci oleh ISIS.

ISIS mengkritisi para petarung seperti Nurmagomedov yang lebih memilih bertarung demi uang dan ketenaran ketimbang ke medan perang membela Islam. Hal ini terlihat dari tindakan ISIS yang berusaha membunuh karakter Nurmagomedov agar tidak menjadi panutan bagi umat muslim lainnya.

Daya Tarik Khabib Nurmagomedov sendiri dapat memberi efek positif terhadap umat Muslim untuk berjuang melawan radikalisasi.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed