oleh

Khawatir Berat Badan Bayi Tidak Kunjung Bertambah

Faktor penentu perkembangan bayi ini salah satunya yaitu berat badan. Ketika melakukan pemeriksaan rutin, beberapa ibu terkadang mungkin heran dan bingung mengapa berat badan bayinya tidak mengalami kenaikan.

Ada beberapa faktor penyebab yang mungkin saja terjadi sehingga bayi tidak mengalami perkembangan pada berat badan dengan signifikan. Penyebab umum ini mungkin karena kurangnya frekuensi ibu menyusui si bayi itu sendiri.

“Bayi, terlebih bayi yang baru lahir ini harus diberian makanan dalam dua setengah jam atau sekitar 8 kali sampai 12 kali dalam jangka waktu 24 jam. Masalah yang sering terjadi ini yaitu bayi mengantuk atau banyak tidur menyebabkan tidak cukup untuk mendapatkan ASI,” kata Jeniffer Shu, M.D, pada bukunya yaitu Heading Home With Your Newborn.

Seorang ibu perlu memastikan bayinya mendapatkan sebuah asupan ASI yang cukup dan hanya ASI saja dalam jangka waktu 6 bulan pertama.

Sebuah penelitian dilakukan di Baltimore, Washington DC pada tahun 2013 yang menunjukkan pemberian sebuah ASI eksklusif selama 6 bulan atau lebih dapat mendukung pertumbuhan anak bayi. Bayi yang mendapat asupan ASI cukup akan tumbuh dengan cepat pada dua sampai tiga bulan pertama dikehidupannya.

Maka dari itulah, seorang ibu perlu memberikan asupan ASI sesuai dengan kebutuhan bayi. Itu berarti, bayi dianjurkan untuk diberikan ASI saat menunjukkan rasa lapar. Saat si bayi sudah berhasil mendapatkan MPASI, ibu juga harus memastikan pemberiannya tersebut benar.

“Setelah usianya masuk 6 bulan, mulailah untuk melakukan pemberian MPASI dengan makanan bertekstur seperti bubur dengan pemberian 3 kali dalam sehari,” kata dr. Dominggus N. Lokollo, SpA, MsiMed dalam sebuah tabloid Nakita Edisi 913.

Setelah bayi memasuki usia 8 bulan, ibu baru bisa memberinya sebuah bubur nasi tetapi lauk harus dihaluskan. Lalu saat memasuki usia 10 bulan bisa diperkenalkan dengan nasi tim dilengkapi lauk dihaluskan.

Menurut ungkapan dr. Dominggus, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh orangtua dalam memberikan makanan padat. Misalnya yaitu memberikan sebuah makanan padat ketika bayi menangis. Padahal si bayi yang sedang menangis belum tentu merasakan lapar.

Kemudian pemberian makanan yang terlalu dini ini justru menjadikan makanan tidak dapat diserap oleh tubuh bahkan dibuang dengan percuma. Selain itu, ketika bayi berusia satu tahun namun masih saja diberi makanan bubur. Tentu saja Hal tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Penyebab lain berat badan bayi tidak kunjung naik juga bisa dipicu oleh masalah kesehatan. Misalnya yaitu bayi sedang mengalami masalah pada pencernaannya seperti diare atau refluks. Mungkin juga terdapat penyakit lain yang lebih serius seperti gangguan pernapasan. Ketika menyusui, bayi sering sesak napas dan membuatnya tidak bisa menerima ASI dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut perlu dilakukan penanganan lebih lanjut agar bayi mendapat nutrisi cukup.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed