oleh

Bersatunya Layanan Cloud Milik Microsoft dan Oracle

Dunia tentu sudah mengenal perusahaan Microsoft dan Oracle. Ya, keduanya merupakan perusahaan raksasa yang bergerak dalam bidang komputasi dan teknologi. Beredar kabar bahwa kedua perusahaan tersebut menjalin kerjasama terbaru.

Kerjasama antara Microsoft dan Oracle tersebut disepakati pada sector pengintegrasian layanan komputasi awan atau cloud computing yang mereka miliki masing-masing. Ternyata, kerjasama ini akan memberikan dampak yang positif untuk kedua perusahaan besar tersebut.

Menurut Executive VP of Microsoft Cloud and AI, Scott Guhrie, adanya penggabungan pada layanan cloud tersebut memiliki tujuan agar penggunaan masing-masing layanan terkait dengan apolikasi mereka menjadi lebih mudah. Selain itu, penggabungan ini juga berguna untuk memindahkan database yang ada pada cloud storage mereka.

Sedangkan menurut Executive VP of Oracle Cloud Infrastructure, Don Johnson, menambahi bahwa penggabungan kedua layanan cloud tersebut juga akan memakan biaya pengaturan ulang atau re-architect pada sistem yang lebih hemat.

Pengaturan ulang atau re-architect pada sistem ini akan memakan biaya bagi pengguna yang akan melakukan pindah atau migrasi dari aplikasi dan juga data yang mereka miliki antar cloud.

Pengguna juga akan dimungkinan untuk memasuki layanan cloud yang sudah digabungkan tersebut hanya dengan menggunakan satu akun saja. Satu akun tersebut bisa akun Mirosoft maupun sebaliknya, akun Oracle.

Pengguna juga bisa menggunakan sebuah aplikasi custom yang memiliki basis cloud Microsoft pada layanan cloud milik Oracle. Hal tersebut juga akan bisa pengguna lakukan dengan sebaliknya.

Sebagai informasi, pengintegrasian layanan cloud kedua perusahaan ini hanya baru diterapkan pada server cloud Azure (Microsoft) di Timur AS dan juga server Ashburn (Oracle) yang ada di Amerika Utara.

Belum terdapat kepastian kapan region lain akan mendapatkan penyatuan server cloud seperti ini. Namun, kedua belah pihak sudah mengumumkan sejumlah kawasan yang akan mendapatkan integrasi seeprti ini dalam waktu yang akan datang.

Microsoft juga diketahui menggandeng perushaaan raksasa lainnya selain Oracle. Untuk memperlancar dan meningkatkan kecepatan bisnis dalam bidang daa center dan komputasi seperti ini, Microsoft sudah melakukan langkah yang sangat besar.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed