oleh

Manfaat Dari Temulawak Untuk Kesehatan

Detik Food – Indonesia Khasiat dari temulawak bagi kesehatan telah dikenal dari dulu khusus negara Indonesia. Oleh sebab itu sudah tidak kaget jika temulawak sering dijadikan sebagai bahan obat herbal untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Dr Roy Sparingga selaku mantan kepala dari BPOM mengatakan jika temulawak setidaknya digunakan menjadi bahan ratusan produk obat herbal yang telah didaftar. Hal tersebut telah menjadikan temulawa sebagai salah satu tanaman herbal atau oabat yang terpopuler di Indonesia. Untuk itu tentu saja banyak khasiat yang telah diberikan temulawak untuk kesehatan tubuh. Ini beberapa khasiat yang di dapatkan dari temulawak.

temulawak merupakan rempah untuk obat

Menambah nafsu makan

Salah satu khasiat temulawak yang sangat terkenal ialah temulawak dapat membantu uuntuk meningkatkan nafsu makan. Karena hal tersebut pula yang menjadikan kebanyakn orang tua memakainya untuk dijadikan jamu temulawak dan diberikan kepada anak anakanya yang tida mau makan dengan lahap serta anak yang suka pilih pilih makanan. Ahli mengatakan bahwa kandungan atrisi yang ada di temulawak sangat berperan bisa untuk menambah nafsu makan.

Menurunkan kolestrol jahat

Ahli menjelaskan bahwa temulawak dapat membantu untuk turunkan kolestrol jahat yang dinamakan dengan low density lipoprotein atau LDL karena kandungan kurkuma di dalamnya. Jika ingin mendapat  khasiatnya caranya cukup mudah yaitu hanya meminum air rebusan temulawak. Cara yang paling bagus untuk merebus temulawak yaitu dengan menggunakan panci terbuat dari tanah liat dan jangan ditutup ketika merebusnya.

Mleindungi hati

Temulawak juga dipercaya sebagai salah satu obat herbal yang berkhasiat untuk para orang yang perlu konsumsi obat kolestrol dalam waktu yang lama. Sebab temulawak ini bisa difungsikan menjadi sebuah hepatoprotektor yang bisa melindungi hati yang disebabkan efek dari pemakaian obat dalam jangka panjang.

Mengatasi penyakit Mag

Ahli temulawak mengatkan kandungan kurkuma serta minyak atsiri yang ditemukan di dalam temulawa bisa bantu meringankan penyakit seperti mag. Dan manfaat yang lain yaitu dengan mengonsumsi temulawak ini tentu saja tubuh tidak akan menerima efek buruk yang biasanya menjadi efek samping dari obat kimia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed