oleh

Manfaat Jika Kalian Makan dengan Tangan Telanjang

Detik Kesehatan – Indonesia Memakan makanan tanpa memakai sendok nyatanya memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan yang sangat jarang diketahui banyak orang.

Memakan makanan memakai tangan secara langsung dan tanpa adanya alat bantu sendok masih tetap dilakukan oleh besar sebagian warga Indonesia. Karena, menurut beberapa orang, memakan dengan menggunakan tangan secara langsung bakal terasa semakin nikmat daripada memakai sendok ataupun garpu. Terlebih lagi jika kalian berkunjung ke desa, memakan makanan dengan menggunakan tangan bakal mudah sekali kita jumpai.

manfaat yang didapatkan dengan makan pakai tangan

Yang lebih menariknya lagi, makan memakai tangan telanjang nyatanya mempunyai beberapa manfaat yang sangat jarang diketahui banyak orang. Bahkan manfaat salah satunya makan memakai tangan dapat membantu pencernaan makanan.

Berikut ini adalah manfaat makan dengan menggunakan tangan kosong seperti dikutip dari laman Dokter.id.

  1. Sumber bakteri baik

Sebuah penelitian menyebut bahwa tubuh manusia mempunyai bakteri baik yang bisa membantu kita untuk melindungi berbagai bakteri jahat yang ada di lingkungan.

Biasanya bakteri jahat itu dapat ditemukan di usus, tenggorokan, tangan mulut, dan beberapa organ pencernaan yang lain. Saat kita makan memakai tangan kosong, bakteri baik dan jahat yang ada didalam tubuh manusia bakal tetap seimbang.

Meskipun demikian, kebersihan ketika ingin makan juga harus tetap diperhatikan ya. Kalian harus mencuciĀ  tangan dengan bersih memakai air bersih serta sabun sebelum menyentuh makanan dengan tangan kosong.

  1. Membantu kinerja saluran pencernaan

Jari-jari yang melakukan kontak langsung dengan makanan ternyata secara langsung mempunyai manfaat yang bagus.

Saat makan menggunakan tangan kosong, ujung-ujung saraf di jari tangan bisa merasakan temperatur serta tekstur makanan yang akan disantap. Dengan ada kontak tersebut, otak jadi lebih siap dan bisa memicu pelepasan banyak enzim pencernaan yang bisa mencerna makanan itu dengan bagus.

  1. Makan memakai tangan kosong memang dipercaya bakal menambah kelezatan dari cita rasa makanan. Ketika makan memakai tangan, kita bakal lebih memperhatikan makanan yang akan kita makan.

Selain itu juga, kita lebih dapat memprediksi berapa banyak makanan yang sudah dimakan. Hasilnya kita bisa terhindar dari makan yang terlalu berlebihan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed