oleh

Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kecantikan

Detik Kecantikan – Siapa sangka jika pada kulit jeruk banyak terdapat kandungan yang senyawa yang memiliki sifat antioksidan. Anti oksidan itulah yang membuat kulit jeruk terasa pahit. Pada kulit jeruk terdapat kandungan polymethoxyflavonesang dan hesperidin.

Apa Anda tahu jika kandungan vitamin C paling tinggi dari buah jeruk adalah pada kulitnya?, Pada kulit  buah jeruk terdapat hampir dari dua kali lipas jmlah vitamin C yang ada pada daging buah jeruk. Banyaknya sekitar 136 miligram vitamin C per 100 gram dari kulit buah jeruk.

Kulit jeruk sangat bermanfaat untuk menyamarkan dan menghilangkan jerawat

Selain antioksidan, pada kulit buh jeruk juga terdapat berbagai senyawa yakni antibakteri, antiradang, dan antimikroba. Dimana senyawa inilah yang bereperan aktif  dalam melawan peradangan akibat bakteri, minyak yang berlebih, dan juga sel kulit mati penyebab terbentuknya jerawat.

Memang kandungan vitamin C oada jeruk sangat tinggi, namun bukan berarti tidak ada kandungan lain yang terdapat pada buah jeruk. Vitamin lainnya yang terdapat pada buah jeruk yakni vitamin B, berbagai jenis mineral, vitamin A, dan juga serat yang berperan penting dalam memenuhi kebutuhan  nutrisi pada tubuh.

Cara Pemanfaatan Kulit Jeruk

Anda bisa menggunakan kulit jeruk untuk mengatasi jerawat melalui beberapa cara. Berikut di antaranya:

1. Pasta  Jeruk

Caranya mudah hanya dengan mengambil beberapa kulit jeruk lalu keringkan dibawah terik matahari selama satu hari. Setelah dirasa kulit sudah kering lantas haluskan sehingga membentuk serbuk. Untuk pengaplikasiannya pada wajah, ambil secukupnya serbuk jeruk yang telah dihaluskan tadi lalu tambahkan sedikit demi sedikit air hingga teksturnya kental seperti pasta. Selanjutnya tinggal oleskan pada wajah untuk dijadikan masker.

Tunggu sekitar kurang lebih 20 menit hingga masker dirasa sudah kering, lalu selanjutnya bilas menggunakan air. Lakukan setiap hari hingga jerawat mulai memudar.

2. Sari Jeruk

Atau Anda juga bisa memanfaatkan perasan air dari kulit jeruk dengan cara memerasnya langsung pada wadah. Siapkan cottonbud atau kapas, lalu wadah untuk perasan sari dari kulit jeruk. Caranya pun sangat mudah, hanya dengan memeras sari kulit jeruk pada wadah yag telah disiapkan, selanjutnya totol-totol menggunakan kapas atau cottonbud dan langsung aplikasikan pada jerawat yang terdapat pada wajah Anda. Lakukan beberapa kali hingga hasil memuaskan.

3. Kulit Jeruk Dengan Madu

Manfaat kulit jeruk dengan dicampurkan masu di d alamnya dapat membantu menyyamarkan luka bekas jerawat dan jerawat yang meradang. Dengan mencampurkan kukit jeruk, yogurt, dan madu. Setelah semua siap oleskan kedua campuran tadi pada wajah yang terdapat jerawat, gunakan s ebagai masker.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed