oleh

Manfaat Menggunakan Siwak Bagi Gigi dan Mulut

Detik Kesehatan – Indonesia Sebagian besar orang akan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi untuk membersihkan gigi mereka. Tetapi rasul Nabi Muhammad SAW memberi sunah untuk membersihkan mulut serta gigi memakai siwak atau miswak.

Siwak sendiri merupakan ranting atau akr pohon salvadora persica ini bisa beralih fungsi menjadi sikat serta pasta gigi. Peneliti mengungkapkan bahwa siwak mempunyai manfaat yang bagus bagi kesehatan gigi dan mulut. Ini beberapa manfaat yang bisa di dapatkan bila memakai siwak.

orang yang memakai siwak untuk bersihkan giginya

Mencegah gigi rusak

Gigi rusak bisa terjadi bisa enamel gigi mengalami kerusakan. Ini biasanya rusak disebabkan oleh bakteri yang ada pada rongga mulut memakai pati serta gula yang ada pada akann untuk menghasilkan zat asam yang bisa hilangkan enamel gigi.

Di dalam siwak memilki kandungan flouride yang bisa mencegah kerusakan gigi. Selain itu siwa juga dapat memperkuat gigi karena memiliki kandungan natrium klorida, natrium bikarbonat serta kalsium oksida.

Mencegah karang serta plak gigi

Plak ada ketka bakteri tumbuh serta berkembang biak pada gigi serta gusi. Plak yang sudah menumpuk bisa mengakibatkan karang gigi yang biasanya mempunyai warna kuning yang menempel pada gigi serta gusi.

Supaya bisa mencegah hal itu bisa membersihkan gigi dan gusi memakai siwak. Memiliki kandungan antibakteri bisa mencegaha bakteri tumbuh serta berkembang bisa pada gigi dan gusi.

Mencegah bau mulut

Bau mulut bila dinamakan dalam ilmu medi yaitu halitosis, ini bisa terjadi karena disebabkan oleh makanan dan juga penyakit pada gigi dan gusi. Kurangnya air liur juga bisa menimbulkan bau mulut. Selain bersikat gigi melakuakn siwak juga memilki manfaat bisa cegah bau mulut yang tidak sega. Kayu siwak memilki kandungan anti bakteri alami yang memilki sifat yang bisa meningkatkan produksi air liur jadi sangat bagus untuk bisa mencegah bau mulut.

Menyegarkan mulut

Manfaat yang bisa didapatkan dari siwak yaitu rasa serta aroma yang menyegarkan yang ada pada ronga mulut. Ini diebabkan oleh senyawa aromatik yang ada di siwak yang mudah menguap secara alami.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed