oleh

Modem 5G Akan Ditemukan di Snapdragon 865

Lama kelamaan, System-on-Chip (SoC)  generasi terbaru dari Qualcomm mulai terdengar kabarnya. Merupakan SoC kelas atas penerua Snapdragon 855, chip Qualcomm ini akan menjadi andalan terbaru untuk mendukung smartphone kelas atas.

Dikatakan bahwa SoC terbaru besutan Qualcomm tersebut memiliki nama Snapdragon 865. Beberapa waktu lalu,  bocoran terkait chip terbaru ini sudah mulai beredar di sejumlah media online.

Salah satu pembocor atau leaker gadget bernama Roland Quandt mengatakan bahwa Snapdragon 865 ini akan hadir dalam dua varian. Roland mengungkapkan bahwa salah satu dari dari varian tersebut akan memiliki integrasi dengan modem 5G Snapdragon X55.

Dengan adanya dukungan modem ini,  chip Snapdragon 865 varian tersebut akan bisa digunakan untuk jaringan koneksi 2G,  3G,  4G dan jaringan 5G. Apda Snapdragon 855 sebelumnya tidak menyatukan paket modem 5G ini.

Penyatuan antara chip dengan modem 5G ini mungkin merupakan salah satu langkah antisipasi dari Qualcomm untu menyambut maraknya smartphone dengan dukungan 5G. Ya,  pada 2020 mendatang,  diperkirakan akan menjadi awal dari banyaknya smartphone 5G.

Roland mengatakan bahwa kedua varian Snapdragon 865 tersebut memiliki nama Kona dan Huracan. Kona diambil dari nama salah satu kota yang ada di Kepulauan Hawaii bernama Kailua-Kona. Sementara Huracan merupakan nama seorang dewa api,  angin dan badi dari mitologi suku Maya.

Dari kedua varian Snapdragon 865 tersebut, masih belum diketahui mana yang akan menerapkan modem 5G dalam satu paket. Roland Quandt juga mengatakan bahwa Snaodr865 ini akan memiliki dukungan RAM LPDDR5X.

Teknologi media internal UFS 3.0 juga akan ditemukan pada SoC kelas atas terbaru Qualcomm ini. Teknologi ini juga sudah diterapkan pada smartphone OnePlus 7 Pro yang akan membuat proses transfer data menajdi lebih cepat.

Berdasarkan informasi dari Pocket-Lint yang dilansir pada Minggu (23/6/2019)  mengatakan bahwa Snapdragon 865 ini akan menjadi SoC yang diproduksi menggunakan teknologi 7nm. Beredar kabar bahwa pabrik chip ini ada di TMSC Taiwan.

Namun,  kabar lain menyebutkan bahwa Snapdragon 865 ini diproduksi massal oleh salah satu pabrik Samsung yang bermarkas Hwaseong, Korea Selatan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed