oleh

Olahraga Pada Malam Hari Tak Dianjurkan, Ini Alasannya

Detik Kesehatan – Indonesia Ahli fisiologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, yaki Dokter Jajat Darajat Kusumah Negara S.Pd M.Kes AIFO, tak menganjurkan untuk melakukan apapun kegiatan olahraga pada malam hari. Alasannya adalah karena olahraga di malah hari dinilai dapat membebani kinerja jantung.

Dr. Jajat, yang telah melakukan penelitian gelar doctor soal dampak olahraga malam hari seperti futsal untuk fungsi kognitif, mengatakan bahwa waktu olahraga yang sangat dianjurkan ialah pagi ataupun sore hari. Ia mengatakan juga jika olahraga pada malam hari selepas beraktivitas seharian justru membebani kinerja jantung lantaran tak mempunyai jatah istirahat yang cukup banyak.

olahraga malam hari tidak bagus

“Coba biarkan jantung untuk beristirahat, iramanya cukup rendah, yang bagus lagi dikurangi melakukan kegiatan olahraga malam hari,” ujar Jajat ketika ditemui awak media.

Kemudian, mengistirahatkan irama jantung pada malam hari ikut memberi waktu pemulihan untuk badan selepas kegiatan sehari penuh. Mantan atlet sofbol nasional tersebut memberi saran jika olahraga pagi hari sampai pukul 9 atau 10 malah lebih bagus. Meskipun begitu, ia tak memungkiri jika kondisi di Jakarta, apalagi untuk warga pekerja yang terlaluu sibuk dan tak mempunyai waktu untuk melakukan olahraga, terkecuali pada malam hari.

Disertai dengan promosi doctor yang dilakukan, Jajat pun juga mengatakan kalau olahraga futsa yang dilakukan oleh kebanyakan remaja selama satu jam dan 5 kali dalam satu minggu dapat meningkatkan hormon kortison yang berhubungan dangan stres dan kadar MDA yang membentuk radikal bebas di dalam tubuh.

Ia mengatakan bahwa olahraga yang memiliki intensitas tinggi secara terus-terusan dapat membentuk radikal bebas bila tak diimbangi dengan asupan nutrisi yang banyak menganduk vitamin E, vitamin C, flavonoid, dan likopen. Oleh sebab itu, Jajat menganjurkan orang yang suka melakukan olahraga secara terus-terusan demi memenuhi kebutuhan nutrisi, khususnya dengan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan yang tinggi.

Aktivitas olahraga yang bagus mesti dimulai dengan kegiatan serta intensitas yang ringan dulu, kemudian dilanjutkan dengan olahraga yang lebih lama serta intensitas yang semakin berat seiring bertambahnya kemampuan tubuh.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed