oleh

Pembentangan Bendera Merah Putih di Indonesia-Timor Leste Mampu Pecahkan Rekor Dunia

Detik News – Indonesia Bendera merah putih paling panjang yang dibentangkan pada perbatasan RI-Timor Leste, Selasa 9 Juli 2019, akhirnya memecahkan rekor dunia. Bendera dengan panjang 1,773 meter [1,773 km] serta lebar 75 cm tersebut dibentangkan oleh pasukan gabungan Polri dan TNI di Desa Haumeni Ana, Kec. Bikomi Nilulat, Kab. TTU, NTT.

Sementara itu, Kapolres TTU, AKBP Rishian Krisna Budhiaswanto, Perwira dan Komandan Pos Haumeni Ana, Letda Inf Arafik, dan Wakapolres TTU, Yetter Selan, turut membentangkan bendera itu.

bendera Indonesia merah putih

Aksi tersebut juga sukses memecahkan rekor pembentangan bendera merah putih terpanjang di kawasan perbatasan yang tercatat di lembaga prestasi Indonesia-Dunia [LEPRID].

“Pembentangan bendera  berukuran raksasa ini adalah bangain dari sederet kegiatan HUT Bhayangkara yang ke73. Panjang bendera merah putih ini adalah 1,773 meter mempunyai makna adalah hari ulang tahun Bhayangkara ke 73,” ungkap Kapolres TTU, AKBP Tishian Krisna Budhiaswanto seperti dikutip CNN Indonesia, Rabu 10 Juli 2019.

Pembentangan bendera itu, menurutnya, demi menumbuhkan serta meningkatkan semangat nasionalisme dan kecintaan kepada tanah air dalam diri warga perbatasan. Kini, wilayah perbatasan, katanya semakin terbuka. Hal ini berpeluang besar untuk pihak luar measuk serta memprovokasi warga.

“Dari momentum ini kami ingin memperlihatkan jika negara Indonesia adalah negara besar. Sehingga Polri, TNI serta masyarakat harus bekerjasama untuk terus menjaga kedaulatan negara Indonesia di kawasan perbatasan,” ungkapnya.

Demi memeriahkan perayaan HUT Bhayangkara tahun 2019, pihaknya bakal menggelar beberapa kegiatan, yaitu pembersihan rumah ibadan dan anjangsana serta kegiatan lainnya.

Ketua LEPRID, Paulus Pangka, mengapresiasi atas prestasi yang dibuat Polres TTU. Menurut Paulus, ini adalah pembentangan bendera merah putih terpanjang pertama yang ada di perbatasan Indonesia, bahkan dunia.

“Pembentangan bendera merah putih ini kami nyatakan jadi rekor dunia, sebab baru hari ini ada pembentangan bendera sebuah negara yang ukurannya sangat panjang pada perbatasan antara 2 negara,” ujarnya.

“Jika nanti ada yang ingin memecahkan rekor yang telah dibuat oleh Plres TTU, panjang benderanya nanti mesti melebihi 1,773 meter kemudian ditambah 10 persen,” tutup Paulus.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed