oleh

Peran Penting Ayah Untuk Bentuk Pola Hidup Sehat Keluarga

Detik Kesehatan – Indonesia Orang tua selalu menginginkan supaya anak mereka tumbuh dengan perilaku hidup sehat. Akan tetapi kadang kala para orang tua ini lupa, kepada gaya hidup sehat itu harus dibiasakan semenjak masih kecil. Caranya adalah, ya dengan memberikan contoh baik kepada anak-anak.

Sayangnya, cukup banyak orang tua yang tak menjaga komitmen kepada perilaku hidup sehat, khususnya dari pihak si ayah. Kebanyakan para suami hanya memberikan kepercayaan kepada istri mereka untuk mengasuh anak serta membiasakan gaya hidup sehat kepada anak. Sedangkan si ayah sendiri tidak memberikan contoh yang nyata, contohnya saja masih begadang sampai merokok. Terlebih lagi, peranan si ayah untuk menanamkan serta membiasakan gaya hidup sehat kepada keluarga penting sekali.

kebersamaan ayah dan anak

Dari sebuah penelitian yang dilakukan di University Guelph, Ontario, Kanada, dikemukanan jika contoh yang diberikan oleh si ayah, bukan ibu, mengenai gaya makan sehat berkaitan sekali dengan kebiasaan serta pola makan sehat kepada anak.

“Melibatkan si ayah dengan efektif dari usaha promosi kesehatan bisa membantu para anak-anak untuk bisa mengembangkan gaya hidup mahan, kegiatan, serta screen time [jatah bermain gawai] yang lebih sehat sedari dini. Hal ini juga bisa mendukung pembagian kerja yang adil antara kedua orang tua,” ujar Asosiasi Profesor Ilmu Gizi Terapan di University Guelph, Ontario, Kanada, yakni Jess Haines.

Ayah yang suka sekali melakukan kegiatan olahraga dan juga makan makanan yang mengandung gizi akan memberikan pengaruh besar terhadap kebiasaan anak untuk bisa menerapkan pola hidup yang sama.

“Mengingat peranan penting yang diperankan oleh si ayah atas pengembangan gaya hiudp sehat anak-anaknya, penting sekali untuk melibatkan si ayah atas intervensi pola hidup sehat di dalam kehidupan keluarga,” imbuh Jess Haines.

Akan tetapi peneltian itu juga menekankan bahwa untuk memberi dampak yang optimal, tentu saja diperlukan peranan seimbang antara ibu dan ayah demi mendukung pola hidup sehat di dalam keluarga.

Orang tua dapat membagi peran dengan sama rata, contohnya ayah yang berperan untuk mengajak anak-anak melakukan olahraga serta melakukan kegiatan diluar rumah. Sedangkan ibu fokus menyiapkan makanan dan minuman sehat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed