oleh

Pernah Mengalami Gusi Bengkak? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya, Yuk!

Jika gusi terasa nyeri, bengkat, dan berwarna kemerahan pasti akan sangat mengganggu aktifitas sehari-hari dan merasa tidak nyaman untuk melakukan kegiatan apapun. Factor penyebab gusi bengkak bermacam-macam dan seringkali diabaikan. Yuk, kenali apa saja penyebab gusi bengkak dan cara mengatasinya!
Penyebab Gusi Bengkak

1. Tidak menjaga kebersihan mulut
Banyak orang kurang menjaga kebersihan mulut seperti jarang gosok gigi sehingga menyebabkan plak pada gigi yang membuat gusi meradang/gingivitis. Hal tersebut menyebabkan gusi menjadi merah dan berdarah.

2. Infeksi
Infeksi terjadi jika terdapat gigi yang berlubang dan lubangnya sampai saraf gigi. Lambat laun gigi akan mati dan mengalami penumpukan bakteri sampai bawah akar gigi sehingga menimbulkan bengkak pada gusi dan kemerahan. Jika infeksi parah maka akan mengeluarkan bau menyengat dan keluar nanah.

3. Trauma
Terkadang orang dengan kondisi tertekan yang berlebihan pada gigi menyebabkan gusi bengkak. Kejadian ini disebut abses gingival/ abses periodontal.

4. Faktor lain
Factor lain penyebab gusi bengkak adalah kurangnya asupan vitamin C, perubahan hormone ketika hamil, memiliki penyakit diabetes, konsumsi obat-obatan tertentu.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Gusi bengkak jika dibiarkan saja maka akan menimbulkan efek yang berbahaya pada organ tubuh lain. Maka dari itu selain berobat ke dokter gigi, kamu bisa mengatasi gusi bengkak dirumah dengan cara seperti berikut ini :
1. Kumur dengan menggunakan obat kumur antiseptic yang non alkohol, jika tidak punya maka ganti dengan air garam hangat.
2. Sering sikat gigi minimal 2 kali dalam sehari. Gunakan sikat yang memiliki bulu lembut dan juga benang gigi.
3. Konsumsi obat pereda nyeri jika rasa sakit muncul
4. Konsumsi buah-buahan dan air putih
5. Hindari konsumsi alkohol dan merokok
6. Sering membersihkan karang gigi
7. Jangan melakukan kebiasaan parafungsi seperti menggigit kuku, ballpoint, menggeretakan gigi.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja penyebab gusi bengkak dan cara mengatasinya? Yuk, mulai sekarang lakukan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat, ya!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed