oleh

Pesona Alam Nan Sejuk di Puncak Candi Cetho Karanganyar

Kota Karanganyar yang terkenal memiliki banyak destinasi wisata di daerah pegunungan ini banyak dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan lokal sampai wisatawan asing karena hawanya yang sejuk. Lokasinya juga berada dekat dengan Kota Solo yang memiliki hawa berbanding terbalik yaitu panas disertai kondisi jalanan yang ramai kendaraan. Kondisi tersebut menjadikan masyarakat Solo dan sekitarnya banyak mengunjungi wisata di Karanganyar nan sejuk untuk berlibur atau sekedar melepas penat ketika aakhir pekan datang.

Air terjun, danau, kebun teh, tempat nongkrong, wisata dengan wahana-wahana outbond, sampai candi bersejarah terdapat di Kota Karanganyar. Tempat populer sering dikunjungi wisatawan selain air terjun Grojokan Sewu salah satunya yaitu wisata Candi Cetho. Candi yang bercorak agama Hindu ini terletak di Lereng Gunung Lawu tepatnya di Desa Ngargoyoso. Tak heran jika perjalanan menuju ke Candi Cetho menyajikan pemandangan yang menyejukkan mata. Hamparan kebun teh dengan suasana yang sejuk dihiasi kabut tipis menjadikan perjalanan menuju Candi Cetho tidak membosankan.

Pada saat tiba di lokasi, Anda akan merasakan suasana di Candi Cetho ini seperti bukan berada di Karanganyar melainkan seperti berada di Bali. Bangunan candinya yang mirip seperti bangunan candi-candi yang berada di Bali ini bisa Anda nikmati tanpa harus pergi jauh ke Pulau Bali. Lokasinya yang berada di pucuk gunung yang sejuk juga membuat rileks pikiran dan hati, bahkan seringkali pemandangan di sekeliling candi tidak terlihat karena letaknya yang sangat tinggi membuat cuaca berkabut.

Tata letak candi ini terdiri dari 9 tingkat yang berundak dengan gapura disetiap bagian depan. Seperti mengunjungi kawasan tempat ibadah Hindu, wisatawan yang masuk juga diharuskan memakai kain poleng yaitu kain kotak-kotak hitam putih yang dikenakan dipinggang. Sampai saat ini Candi Cetho juga masih digunakan untuk ritual dan ibadah umat Hindu disekitarnya atau pendatang. Jadi bagi Anda warga Jawa Tengah dan Jawa Timur yang berdekatan dengan Kota Karanganyar silahkan mampir. Anda juga bisa mampir ke wisata lain seperti air terjun Jumog, Parangijo, atau tempat ngeteh asik dan hits Ndoro Donker.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed