oleh

Proyek MRT Jakarta Rampung, Ini 5 Fakta Yang Mesti Kamu Ketahui

Akhirnya setelah menunggu sekian waktu, MRT Jakarta akan segera bisa dinikmati. Dalam waktu dekat, kereta cepat ini akan segera dibuka dan bisa digunakan secara umum.

Tentang MRT Jakarta ini, banyak seklai hal menarik yang bisa kamu ketahui lebih dalam, seperti sejarah hingga fakta yang dimiliki oleh MRT. MRT Jakarta dijadwalkan akan mulai dibuka untuk umum pada hari Selasa (12/3/2019).

Berbicara tentang fakta MRT Jakarta, ada sejumlah informasi yang bisa kamu baca tentang MRT Jakarta yang sudah mulai beroprasi hari ini. Simak informasi berikut ini.

  • Tarif Sekitar Rp 10.000

Kamu sudah salah jika mengira ongkos untuk kereta cepat ini sangat mahal. Dilansir Liputan6, tariff MRT sebelumnya sebesar Rp. 18.000, Ketua Komisi C DPRD DKI, Santoso, mengatakan bahwa itu adalah tariff sebelum adanya subsidi.

Subsidi yang diajukan akan sebesar Rp. 8.000, jadi para penumpang hanya perlu membayar ongkos sebesar Rp. 10.000. Meskipun belum resmi, jika benar-benar hanya membayar Rp. 10.000 untuk MRT, itu sudah termasuk sangat murah.

  • Perealisasian MRT Membutuhkan Waktu 34 Tahun

Pencentus pertama tentang MRT Jakarta ini adalah pada tahun 1985 oleh mantan Presiden BJ Habibie. Pada tahun 1995, proyek ini sudah mulai dirancang. Namun proyek MRT ini terhenti karena adanya krisis moneter pada waktu itu.

Proyek MRT Jakarta baru mulai dikerjakan pada tahun 2013 dan pada tahun 2019 ini bisa digunakan oleh umum.

  • Memiliki 14 Rangkaian Kereta

Pada tanggal 12 Maret 2019 atau pada awal pembukaan MRT Jakarta untuk umum,sebanyak 14 rangkai kereta mulai menjalankan tugasnya. Dalam mengantar para penumpang sesuai tempat tujuan, MRT ini melaju dengan cepat

MRT berjalan 100 Km/jam diatas tanah, dan bila di bawah tanah menggunakan kecepatan 80 Km/jam. Satu kereta MRT ini memiliki daya tamping 300 penumpang dan  melewati sebanyak 13 stasiun.

  • 20 Jam Operasi per Hari

Transportasi canggih bakal cocok digunakan sewaktu-waktu. Rencananya, MRT Jakarta akan memiliki waktu operasi hingga 20 jam setiap harinya. Kereta pertama akan mulai berangkat pada pukul 4 atau 5 pagi, dan kereta terakhir akan ada hingga pukul 12 malam.

  • MRT Jakarta Bernama ‘Ratangga’

Nama Ratangga terispirasi dari sebuah puisi yang terdapat dalam Kitab Sutasoma dan Kitab Arjuna Wijaya. Ratangga memiliki arti sebagai Kereta Perang.

Nama ini dipilih karena MRT Jakarta akan melakukan perjuangan untuk mengantarkan para penumpang di Jakarta setiap hari. Jadi, namanya juga masuk akal dan keren juga yah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed