oleh

Sebal Kulit Menjadi Gatal Akibat Digigit Nyamuk? Coba Obati Dengan 7 Bahan Alami Ini

Siapa yang tidak sebal kulitnya digigit nyamuk? Pasalnya, gigitan nyamuk dapat meninggalkan bekas luka kemerahan, bentol, dan rasa gatal yang sangat mengganggu. Terkadang kita tidak sadar ketika kulit digigit nyamuk, jika sudah terasa gatal barulah kita menyadarinya. Nah, jika tidak memiliki lotion anti nyamuk maka kamu bisa menggunakan bahan alami yang bisa kamu temukan dirumah, seperti berikut ini :

1. Oatmeal
Oatmeal selain berfungsi sebagai makanan diet, bisa juga digunakan untuk mengurangi gatal akibat gigitan nyamuk, lho. Hal tersebut disebabkan karena oatmeal memiliki kandungan avenanthramides yang dapat mengurangi pperadangan dan gatal.

2. Madu
Madu memiliki sifat antibakteri dan juga anti radang yang dapat membantu meredakan gatal-gatal akibat serangan gigitan nyamuk. Caranya adalah dengan mengoleskan setetes madu pada bagian kulit yang bentol dan gatal.

3. Es batu
Ketika kulitmu gatal akibat gigitan nyamuk, cobalah untuk menempelkan es batu pada bagian kulit yang gatal tersebut. Suhu dingin pada es batu bisa membantu menenangkan saraf yang menimbulkan rasa gatal dan nyeri, tak terkecuali gatal akibat gigitan nyamuk.

4. Lidah buaya
Lender atau gel lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka ringan dan infeksi pada kulit yang gatal. Caranya adalah oleskan gel pada bagian kulit yang gatal, maka sensasi dinginnnya dapat menenangkan kulit kamu.

5. Baking soda
Selain untuk bahan adonan roti baking soda juga dapat mengobati gatal akibat gigitan nyamuk, lho. Karena di dalam baking soda terdapat senyawa alkalin yang bisa menetralkan keseimbangan pH kulit.

6. Cuka apel
Sejak zaman nenek moyang, cuka sari apel digunakan sebagai disinfektan dan pembasmi bakteri karena terdapat sifat antibakteri dan antiradang di dalamnya. Maka dari itu, cuka apel dapat mengobati beberapa penyakit seperti diabetes, kulit gatal, dan infeksi.

7. Bawang putih
Walaupun bau bawang putih sangat menyengat, namun khasiatnya sangat bagus sebagai obat alami. Bawang putih memiliki sifat antiradang yang berfungsi mengurangi pembengkakan dan juga gatal akibat gigitan serangga.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed