oleh

Stop Mengkonsumsi Bawang Secara Berlebih!

Detik Kesehatan – Anda termasuk dalam golongan pecinta bawang putih? Apakah anda juga mengetahui apa dampak jika terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih? Jika anda pecinta bawang putih maka mulai dari sekarang coba minimalisir mengkonsumsi bawang putih yang terlalu banyak, karena akibatnya bisa sangat fatal bahkan dapat mengancam nyawa Anda.

Mengkonsumsi bawang putih secara berlebih dapat mengakibatkan diare

Memang pada dasarnya bawang putih adalah bumbu masakan yang dapat membuat rasa menjadi lebih enak dan sedap sehingga mampu meningkatkan rasa pada masakan Anda. Namun juga terdapat fungsi lain dari bawang putih yakni mampu dijadikan untuk bahan sebagai obat tradisional yang mungkin juga masih dipergunakan hingga sekarang.

Pada bawang putih terdapat banyak kandungan mineral yang dapat meminimalisir kemungkinan terjangkitnya suatu penyakit, kandungan mineral tersebut berupa kalsium, yodium, belerang, besi, dan lain sebagainya. Macam-macam kandungan mineral diatas mampu membantu menurunkan tekanan darah meningkatkan sistem imun, melawan terjadinya infeksi, dan menekan kolestrol.

Namun jika Anda terlalu sering mengkonsumsi bawang putih dengan cara dimakan mentah-mentah maka hal tersebut dapat menganggu kesehatan.

Berikut ini beberapa efek negatif pada kesehatan jika terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih mentah dalam jumlah berlebihan

1. Memperburuk Hati 

Hindari mengkonsumsi bawang putih secara berlebih karena dapat mengakibatkan luka pada organ hati Anda. Yang mana hati adalah organ tubuh yang sangat vital dan harus dijaga kesehatannya. Organ hati ini dapat saja terluka karena pada bawang putih mengandung allicin, senyawayang mampu melukai organ hati.

2. Penyakit Diare

Jangan sesekali mengkonsumsi  bawang putihdalam keadaan perut yang masih kosong. Karena pada  bawang putih terdapat senyawa fruktans pembentuk gas layaknya belerang yang dapat memicu penyakit diare.

3. Mual, Muntah, dan Mulas

Sama halnya dengan penyebab penyakit diare tadi, jika Anda mengkonsumsi bawang putih dengan keadaan perut kosong maka dapat memicu terjadinya mual, muntah, dan mulas. Hal ini dikarenakan pada bawang putih terdapat senyawa yang  dapat menibmulkan penyakit refluks gastroesophageal.

4. Mengakibatkan Pendarahan 

Hindari  mengkonsumsi bawang putih dibarengi dengan obat pengencer darah karena bawang putih dapat meningkatkan seseorang mengalami resiko pendarahan.  Selain itu juga bagi Anda yang pasca melakukan operasi hindari dulu mengkonsumsi bawang putih selama kurang lebih 2 minggu karena dapat mengganggu tekanan darah.

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed