oleh

Tanda Bila Wanita Dalam Masa Subur

Detik Kesehatan – Indonesia Kehamilan merupakan suatu yang telah dinantikan bagi sebagian besar pasangan suami istri. Pada waktu sedang merencanakan untuk kehamilan, masa subur atau waktu ovulasi kerap kali menjadi patokan karena menambah kemungkinan kehamilan saat melakukan pembuahan. Seperti biasa siklus menstruasi wanita akan berlangsung selama 28 sampai  32 hari, dan waktu ovulasi biasanya terjadi pada hari yang ke 10 dan 19 di dalam siklus tersebut ini sekitar 12 sampai  16 hari sebelum waktu mens datang berikutnya.

Bila biasanya mengalami siklus menstruasi selama 35 hari, maka ovulasi akan datang pada hari ke 21 di waktu siklus tersebut. Namun jika siklus menstruasi selama 21 hari saja maka ovulasi akan datang di hari ke tujuh. Tetapi pemahaman waktu ovulasi ini sering berbeda beda menurut para ahli. Ini ada beberapa tanda bila wanita sedang mengalami masa subur.

tanda bahwa wanita sedang dalam masa ovulasi

Perubahan lendir serviks

Saat akan mengalami waktu ovulasi. tubuh akan memproduksi lebihi banyak hormon esterogen, ini akan berakibat lendir serviks akan menjadi lebih elastis dan juga bening, seperti putih telur, ini akan memudahkan sperma berenang ke dalam sel telur yang dilepas karena ovulasi. tetapi ketahuilah jumlah lendir serviks serta apa rasanya ini akan berbeda beda dari setiap wanita denga yang lain.

Lebih sensitif terhadap bau

Untuk beberapa wanita, indera penciuman yang lebih sensitif akan menjadi sebuah tanda terjadinya ovulasi. ketika masuk ke fase subur, tubuh akan mempersiapkan diri dan lebih tertarik terhadap feromon serta androstenone dari pria.

Sakit pada payudara

Bertambahnya sensitivias pada payudara dan puting susu, atau malah terasa sakit ini merupakan tanda yang lain tubuh sedang dalam fase ovulasi. ini disebabkan oleh aliran hormon dalam tubuh sebelum dan ssetelah ovulasi.

Nyeri di pinggung ringgan

Ada sebagian wanita terkadang merasakan sakit yang ringan atau nyeri pada perut bagian bawah, sering kali pada satu sisi atau sisi yang lannya. Rasa sakit tersebut akan dirasakan selama beberapa menit sampai beberapa jam. Bahkan juga bisa mengalami pendarahan vagina ringan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed