oleh

Tips Untuk Ibu yang Bekerja Tapi Memberi ASI Eksklusif

Detik Kesehatan – Indonesia Khawatir jika ASI untuk anka tidak terpenuhi sebab si ibu yang bekerja. Ini beberap tips untuk ibu agar bisa memberi ASI Eksklusif untuk anaka walaupun masih sibuk bekerja.

Pemeberian ASI eksklusfi saat bayi masih berumus 0-6 bulan adalah yang penting banget. Namun biasanya ibu yang sedang bekerja kaan menemui sedikit masalah untuk memberikan ASI eksklusifnya pada anaknya contohnya pemberian cuti melahirkan yang sedikit, atau juga lingkungan kerja yang tidak bisa mendukun untuk memberikan asi secara eksklusif.

Tips untuk ibu yang bekerja ketika ingin memberi ASI Eksklusif

Memompa atau memerah ASI lebih baik dilaksanakan satu bulan sebelum ibu memulai rutinitas kerja, biarkanlah anak puas menyusu lewat puting secara langsung.

“ jadi sebulan sebelum memulai kerja sudah cukup untuk bisa menabung ASI,” kat dr Ameetha selaku konselor laktasi.

Dr Ameetha juga mengatakan bahwa memompa ASI lebih baik dilaksanakan sesaat usai menyusi. Tidak jadi masalah jika hasil memompanya jadi tidak banyak.

“ jadi saat berada dirumah kita berusaha untuk menyusui usai menyusui satu sesi lanjut kita perah. Walaupun hasilnya akan sedikit tidak apa apa dikumpulkan saja. Dengan berjalannya waktu akan terkumpul dengan banya. Jadi lebih baik susui dulu lalu setelah itu kita pompa,” tambah dr Ameetha.

Untuk memberikan ASI pada anak sebaiknya berikanlah ASI yang paling baru dipompa.dan usahan jangan memakai botol dot, sebab akan membuat si bayi merasa bingung. Dan akan terbiasa memakai dot nantinya. Pakai saj gelas atau sloki lalu sendok atau cara yang lain ketika memberi ASI untuk si kecil.

Untuk cara penyimpannanya ASI yang telah dipompa bisa disimpan ke dalam kulkas pada bagian Chiller atau di Freezer. Ketika disimpan di chiller ASI akan tahan selamam 5 hari sedangkan ketika di freezer di kulkas 2 pintu ASI bisa bertahan selam  3 bulan. Dan saat ada di udara yang terbuka ASI bisa bertahan selama 8 jam lamanya. Walaupun ASI bisa tahan sampai berbulan bulan saat berada di freezer sebaiknya jngan biarkan ASI dikonsumsi dengan jangka waktu yang lama.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed